• Ototekno

Belajar di Rumah, Waktunya Buka Google Earth

| Sabtu, 02/05/2020 09:15 WIB
Belajar di Rumah, Waktunya Buka Google Earth Google Earth

Beritakaltara.com - Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa dipakai mengisi waktu belajar di rumah selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satunya adalah Google Earth, yang bisa menyebutkan jarak dari rumah Anda ke tempat-tempat penting di dunia.

Di tengah pemberlakuan PSBB, banyak orang yang mengandalkan teknologi untuk belajar di rumah, sekaligus untuk mengobati keinginan untuk bepergian ke berbagai tempat. Google Indonesia membagikan tips belajar dari rumah memanfaatkan situs atau aplikasi Google Earth.

1. Mengukur dunia
Pengguna mungkin ingin tahu berapa jarak dari rumah ke kuil Machu Picchu di Peru, atau berapa kilometer jarak Hawaii ke Pulau Paskah.

Google Earth memiliki fitur alat ukur untuk mengetahui jarak antar lokasi, juga panjang jalur atau luas sebuah tempat. Pengguna bisa mengganti satuan ukuran, kemudian menghitung berapa lama jarak tempuh jika terbang, berjalan, berlari, berenang atau mendayung ke lokasi tersebut.

2. Saya lagi beruntung
Google Earth memiliki fitur "saya lagi beruntung", atau "I`m feeling lucky", untuk pengalaman memutar globe dan mendaratkan jari di tempat yang tidak terduga.

Untuk merasakan pengalaman ini, klik tombol dadu dan temukan tempat-tempat baru di berbagai belahan dunia.

3. Voyager
Google Earth memiliki fitur penjelajan Voyager untuk mengunjungi berbagai tempat menarik di dunia, termasuk taman nasional, mengetahui suara hewan, sampai berjalan-jalan ke luar angkasa.

Pertimbangkan juga memakai Street View untuk memainkan "cari benda yang kulihat" untuk mencari benda-benda yang secara online tersebar di lingkungan dekat rumah.

4. Situs edukasi
Orang-orang yang berkontribusi di fitur Voyager juga memiliki materi atau aktivitas online gratis di situs lain, yang menggunakan Google Earth. Pengguna bisa mengasah keterampilan geografis di situs National Geographic, atau memanfaatkan video dari World Explorer dan PBS Learning untuk belajar.

Jika tertarik dengan keanekaragaman bahasa, kunjungi Global Oneness Project, atau gunakan koleksi audio dari Google Earth Celebrating Indigenous Languages.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US