• Gaya Hidup

Cara Atasi Masalah Kulit Saat Berpuasa

Syafira | Kamis, 07/05/2020 04:18 WIB
Cara Atasi Masalah Kulit Saat Berpuasa Illustrasi Kondisi kulit berubah seiring bertambahnya usia (Foto: Shefind)

Katakini.com - Selama menjalani puasa Ramadan, ada saja yang berbeda dari tubuh kita. Misalnya kulit kusam, kering, dan flek merupaka gejala dari dehidrasi kulit. Saat puasa, dehidrasi umum terjadi karena kurangnya asupan air saat sahur dan berbuka. Masalah kulit demikian tentu akan mengurangi kecantikan Anda saat puasa.

Namun jangan khawatir, berikut kiat dan trik terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap cantik dan sehat sepanjang bulan ramadan.

# Minum Banyak Air
Selama ramadan Anda perlu minum air sebanyak mungkin, idealnya setidaknya 6-8 gelas atau 2 liter sehari, untuk menghindari dehidrasi kulit, terutama saat cuaca panas. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terlihat lelah dan kusam terlebih lagi Anda sudah memiliki kulit kering secara alami. Pastikan Anda juga mengonsumsi jus buah alami dan teh herbal karena dapat membantu Anda tetap sejuk sepanjang musim panas. Jika Anda berpuasa, pastikan untuk minum air sebanyak mungkin saat berbuka puasa.

# Moisturise Dua Kali Sehari
Melembabkan kulit selama ramadan sangat penting. Anda harus memastikan bahwa Anda menerapkan krim wajah dan lotion tubuh yang menghidrasi setelah mandi dan sebelum tidur. Jika Anda ingin keluar, cobalah mencari tempat teduh jika memungkinkan dan pilih krim siang yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Anda juga disarankan untuk melembabkan wajah dengan semprotan air mawar atau sejenisnya untuk membantu mendinginkan kulit dan memberikan hidrasi yang diperlukan sepanjang hari.

# Kurangi Makeup
Menghindari penggunaan banyak makeup di siang hari ketika Anda sedang berpuasa seperti alas bedak tebal dan concealer. Kombinasi panas, dehidrasi, dan riasan berat dapat menyebabkan jerawat. Sebaliknya pilih produk yang ringan dan melembabkan seperti krim BB dan lip balm dengan SPF tambahan.

# Makanan Sehat
Saat sahur dan buka puasa pastika memilih sayuran seperti wortel, brokoli, selada & bayam karena mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan kulit. Hal yang sama berlaku untuk kacang dan buah-buahan seperti stroberi dan blueberry, yang mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah radikal bebas pada kulit. Kurma merupakan sumber vitamin A, zat besi, kalium, magnesium, dan kalsium, sedangkan aprikot kering dapat membantu mencerahkan kulit.

FOLLOW US