• Bisnis

Tetap Hidupkan Sektor Hulu, Pertamina Tekan Angka PHK

| Selasa, 12/05/2020 10:27 WIB
Tetap Hidupkan Sektor Hulu, Pertamina Tekan Angka PHK Illustrasi

Beritakaltara.com - Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas (Aspermigas) menyebut, operasionalisasi sektor hulu dan kilang yang tetap dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) mampu menekan angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Saya sepakat (bahwa Pertamina) turut membantu menekan PHK di berbagai perusahaan," kata Ketua Umum Aspermigas John Karamoy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (2/5/2020).

Menurut dia, upaya Pertamina untuk tetap mengoperasikan sisi hulu dan kilang serta tidak memilih melakukan impor minyak secara keseluruhan, merupakan langkah tepat.

Hal itu, tambahnya, karena secara tidak langsung BUMN itu turut menjaga kelangsungan ekosistem migas, termasuk KKKS dalam negeri dan seluruh perusahaan jasa pendukung.

"Dan memang harus jalan terus. Kalau Pertamina tidak meneruskan (beroperasi), maka yang menanggung beban adalah perusahaan-perusahaan pendukung, terutama di bidang barang dan jasa, misalnya, tiba-tiba tidak ada aktivitas," kata dia.

"Kalau tiba-tiba Pertamina menurunkan (operasional), padahal mereka sudah terlanjur pinjam duit. Lalu apa yang terjadi dengan karyawan perusahaan penyedia jasa barang ini? PHK. Nah, itu yang harus dihindari," ujarnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US