• Bisnis

Begini Cara BTN Dongkrak KPR untuk MBR

Asrul | Senin, 07/09/2020 10:04 WIB
Begini Cara BTN Dongkrak KPR untuk MBR Direktur Utama BTN, Pahala Nugraha Mansury

beritakaltara.com - Bank BTN menggenjotkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui fitur Graduated Payment Mortgage (GPM). Fitur dalam instrumen Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) ini menawarkan bunga 10 persen menetap selama tiga tahun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Dengan fitur Graduated Payment Mortgage angsuran dapat lebih terjangkau sehingga masyarakat khususnya berpenghasilan rendah dapat lebih antusias menggunakan skema BP2BT," kata Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury dalam keterangannya, Senin (7/9/2020).

Dengan fitur Graduated Payment Mortgage (GPM) tersebut, BUMN perbankan ini menargetkan penyaluran KPR BP2BT hingga akhir tahun menyentuh 3.000 unit. Sementara itu, per Agustus lalu pencapaiannya baru sekitar 300 unit.

Dia menjelaskan KPR BP2BT merupakan salah satu skema KPR Subsidi selain Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB).

Pahala memaparkan, dengan fitur baru itu keringanan yang diperoleh masyarakat makin bertambah untuk mendapatkan rumah tapak maupun rumah susun yang diidamkan.

Pertama, uang muka (DP) mulai dari satu persen dari harga jual rumah dan mendapatkan bantuan uang muka sebesar 45 persen dari harga rumah atau maksimal Rp40 juta.

Selanjutnya, jangka waktu kredit atau tenor hingga 20 tahun dan dengan fitur GPM suku bunga kredit hanya 10 persen untuk tiga tahun pertama dan suku bunga selanjutnya akan mengambang dengan memperhatikan batas tertinggi yang ditetapkan Pemerintah.

Syarat dalam KPR BP2BT yakni belum pernah memiliki rumah, belum pernah mendapatkan subsidi/bantuan perumahan dari Pemerintah.

Kemudian, memiliki penghasilan sesuai dengan zonasi penghasilan yang diatur oleh Kementerian PUPR dengan kisaran Rp6,5 juta untuk rumah tapak dan Rp8,5juta untuk rumah susun (joint income bagi yang sudah menikah).

Keywords :

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US