• Nasional

Jokowi Bakal Pidato di Sidang Majelis Umum PBB

Fadli | Jum'at, 18/09/2020 16:39 WIB
Jokowi Bakal Pidato di Sidang Majelis Umum PBB Middle Income Trap, Joko Widodo,

beritakaltara.com - Presiden Joko Widodo bakal berpidato pada Sidang Majelis Umum (SMU) PBB yang ke-75. Pernyataan Joko Widodo akan ditayangkan di webtv.UN serta di general assembly hall secara virtual.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi akan memberikan pernyataan pada pertemuan tingkat tinggi yang berlangsung pada 22 - 29 September 2020.

“Diperkirakan waktu penyampaian pidato Presiden RI akan berlangsung pada 23 September sekitar Pukul 07.30 pagi waktu Jakarta,” kata Retno dalam press briefing yang ditayangkan oleh akun Youtube MoFa Indonesia, Kamis (17/9/2020).

Sejumlah menteri juga akan menyampaikan pidato secara virtual. Retno mengatakan selain dirinya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati akan berpartisipasi dalam rangkaian sidang tersebut.

Retno menjabarkan bahwa SMU PBB tahun ini dilakukan bertepatan dengan berdirinya organisasi tersebut dan dilaksanakan di tengah situasi dunia yang penuh berbagai tantangan.

Dia mengungkapkan bahwa partisipasi Indonesia pada SMU ke-75 ini akan digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan penting antara lain pentingnya terus memajukan kerja sama internasional dan solidaritas global bagi penanganan pandemi baik di sektor kesehatan maupun dampak sosial ekonomi yang menyertai.

“Kemudian, mendorong peningkatan kinerja serta peran PBB, menyerukan pentingnya seluruh negara memperkuat PBB dan mulilateralisme,” kata Retno.

Adapun, SMU PBB akan dimulai pada 15 September 2020 dan sesi tingkat tinggi akan berlangsung pada 21 September hingga 2 Oktober 2020. Seluruh rangkaian tingat tinggi akan dilaksanakan secara hybrid, atau dihadiri secara fisik dan virtual.

Pertemuan fisik akan berlangsung di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat yang hanya dapat diikuti oleh perwakilan masing-masing negara yang berkedudukan di sana.

Indonesia akan diwakili oleh Dubes LBBP RI di New York, sedangkan delegasi lainnya akan mengikuti pertemuan tingkat tinggi SMU ke-75 secara virtual.

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US