• Nasional

Donald Trump Ternyata Tidak Bayar Pajak Penghasilan

Rusman | Senin, 28/09/2020 15:09 WIB
Donald Trump Ternyata Tidak Bayar Pajak Penghasilan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memakai masker (Foto: AFP)

Beritakaltara.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump ternyata bukan pembayar pajak yang baik, Tebuktti, Ia hanya membayar pajak penghasilan federal sebesar US$ 750 pada tahun 2016, atau saat memenangkan Pilpres AS.

Demikian diungkapkan harian terkemuka New York Times pada Minggu (27/9), yang melaporkannya setelah mengutip data surat pemberitahuan pajak selama 20 tahun.

Disebutkan, Trump hanya membayar US $ 750 pada tahun pertamanya di Gedung Putih, dan tidak membayar pajak penghasilan sama sekali dalam 10 dari 15 tahun sebelumnya dikarenakan kehilangan lebih banyak uang daripada yang dihasilkan.

Mengetahui laporan itu, Trump langsung menyanggah dan menyebut berita tersebut palsu.

Dikutip dari AFP, memang secara hukum, seorang Presiden AS tidak diwajibkan mengungkap laporan keuangannya. Tapi itu menjadi aturan tak tertulis sejak era Richard Nixon.

Trump melanggar tradisi kepresidenan dengan menolak melepaskan kembali, berjuang lama di pengadilan dan memicu spekulasi tentang apa yang mungkin terkandung di dalamnya.

Pengembalian pajaknya, pokok pembicaraan utama dalam pemilu 2016, telah hadir secara konstan selama masa kepresidenannya dan menjelang pemilu 3 November, ketika Trump mencari masa jabatan kedua.

The New York Times mengatakan data pajak yang dilihatnya memberikan peta jalan pengungkapan, dari penghapusan biaya pengacara pembela kriminal dan sebuah rumah besar yang digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga hingga penghitungan penuh jutaan dolar yang diterima presiden dari kontes Miss Universe 2013 di Moskow.

"Catatan itu mengungkapkan kehampaan, tetapi juga keajaiban, di balik citra miliarder buatan sendiri," tambahnya.

seorang pengacara untuk Trump Organization, Alan Garten merespons laporan tersebut dengan menyatakan bahwa selama ini presiden sudah membayar pajak puluhan juta dollar AS.

"selama dekade terakhir, Presiden Trump telah membayar puluhan juta dolar pajak pribadi kepada pemerintah federal, termasuk membayar jutaan dolar dalam bentuk pajak pribadi sejak mengumumkan pencalonannya di 2015," ujarnya

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US