• Nasional

Pemerintah Pakistan Larang Warga Akses TikTok

Fadli | Sabtu, 10/10/2020 08:11 WIB
Pemerintah Pakistan Larang Warga Akses TikTok Aplikasi TikTok (Foto: The Sun)

Jakarta, beritakaltara.com - Otoritas telekomunikasi Pakistan (PTA) melarang aplikasi pembuat video, TikTok, karena dianggap menampilkan konten-konten yang yang tidak bermoral.

Menurut Juru Bicara PTA Khurram Mehran, pemerintah menerima sejumlah keluhan dari berbagai segmen masyarakat terhadap konten tidak bermoral dan tidak senonoh yang dibagikan secara konsisten di platform media sosial tersebut.

“Kami memberi waktu yang cukup banyak kepada manajer aplikasi untuk menanggapi dan mematuhi instruksi otoritas. Namun, mereka gagal memberikan tanggapan, oleh karena itu, petunjuk dikeluarkan untuk memblokir aplikasi,” kata Khurram dilansir AA, Sabtu (10/10).

"Namun, TikTok telah diinformasikan oleh Otoritas bahwa kami terbuka untuk keterlibatan dan akan meninjau keputusan dengan tunduk pada mekanisme yang memuaskan oleh mereka untuk memoderasi konten yang melanggar hukum, karena kami memahami bahwa melarang aplikasi bukanlah solusi permanen," tambahnya.

Menteri Informasi Federal Shibli Faraz mengatakan bulan lalu bahwa Perdana Menteri Imran Khan sedang mempertimbangkan pelarangan karena aplikasi itu menyebarkan kecabulan yang bertentangan dengan nilai-nilai budaya negara itu.

Pakistan kini menjadi negara Asia kedua yang memblokir aplikasi tersebut tahun ini, setelah India.

Asia Internet Coalition, sebuah asosiasi industri dari perusahaan internet dan teknologi terkemuka, menulis pada hari Rabu kepada Khan, mengungkapkan keprihatinan tentang kurangnya konsultasi tentang peraturan media sosial yang telah direvisi yang dilaporkan telah diserahkan ke komite Kabinet untuk persetujuan akhir.

Surat itu berbunyi, "Aturan jika dirumuskan dengan tidak tepat, akan secara aktif merusak lingkungan bisnis di Pakistan dan daya tariknya sebagai tujuan investasi bagi perusahaan teknologi."

Usama Khilji, kepala Bol Bhi, sebuah organisasi masyarakat sipil yang diarahkan pada advokasi dan penelitian hak digital mengatakan: “Memblokir aplikasi hiburan yang digunakan oleh jutaan orang, dan merupakan sumber pendapatan bagi ribuan pembuat konten, terutama yang datang dari kota-kota kecil dan desa-desa adalah parodi terhadap norma-norma demokrasi dan hak-hak fundamental yang dijamin oleh konstitusi. ”

Jannat Mirza, pembuat konten media sosial dan satu-satunya warga Pakistan yang memiliki 10 juta pengikut di Tiktok, mengatakan pemerintah seharusnya tidak mengambil langkah untuk merusak masa depan pembuat konten muda.

“Ada sangat sedikit rasio konten yang tidak cocok untuk anak-anak tetapi ini adalah platform yang sangat besar dan pemerintah harus membuat aturan untuk mengaturnya daripada memblokirnya,” katanya.

Popularitas TikTok dapat diukur dari statistik yang dirilis oleh Data Priori yang menunjukkan bahwa itu melampaui 1,9 juta unduhan di App Store dan Play Store pada akhir November 2019 di Pakistan.

“Kami berharap keputusan yang mengecewakan ini segera dibatalkan dan upaya dilakukan untuk melonggarkan cengkeraman atas apa yang dapat dibaca, ditonton, dibicarakan atau dilakukan oleh orang-orang di Pakistan,” kata Rimmel Mohydin, juru kampanye Amnesty International Asia Selatan.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US