• Nasional

Erdogan: Segala Upaya Akan dilakukan Demi bantu korban gempa

Asrul | Sabtu, 31/10/2020 09:07 WIB
 Erdogan: Segala Upaya Akan dilakukan Demi bantu korban gempa Presiden Recep Tayyip Erdogan

ISTANBUL, beritakaltara.com - Turki mengerahkan semua kekuatannya untuk membantu orang-orang yang terkena dampak gempa bumi yang besar pada Jumat, kata presiden negara itu.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintah, bersama dengan menteri dan semua lembaga, melakukan semua upaya untuk menyelamatkan orang-orang yang berada di bawah reruntuhan bangunan yang runtuh, dan membantu semua orang yang terkena dampak bencana itu.

"Kami mengerahkan semua kemampuan yang ada agar upaya penyelamatan bisa diselesaikan secepatnya," ujar dia.

Sedikitnya 17 orang tewas dan 799 lainnya menderita luka-luka setelah gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang kota Izmir yang berada di wilayah Laut Aegea.

"Di antara yang terluka, lima telah dioperasi, delapan di ICU. Saat ini, operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung pada 17 bangunan [yang runtuh]," kata Erdogan. Dilansir dari Anadolu.

Bulan Sabit Merah Turki mengirim 48 staf, 16 kendaraan, dan tiga dapur lapangan portabel yang memiliki kapasitas untuk melayani lebih dari 25.000 orang.

Selain itu, 960 tenda darurat, 4.500 selimut, 3.672 tempat tidur telah dikirim ke wilayah tersebut, ungkap badan manajemen bencana.

Erdogan juga mengatakan pemerintah telah mengirim bantuan darurat 5 juta lira Turki (sekitar USD600.000) ke wilayah itu melalui Kementerian Keluarga, Tenaga Kerja dan Layanan Sosial.

AFAD mengatakan bahwa gempa bumi lain, berkekuatan 5,1 SR juga mengguncang kota lain di Laut Aegea, 20 kilometer dari distrik Kusadasi di provinsi Aydin, Turki.

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US