• Nasional

Kondisi Mengerikan, Ratusan Migran Ditahan Arab Saudi

Asrul | Rabu, 16/12/2020 10:12 WIB
Kondisi Mengerikan, Ratusan Migran Ditahan Arab Saudi Bendera Kebangsaan Arab Saudi. (Foto: Ahmat Bolat/Anadolu Agency)

New York, beritakaltara.com - Human Rights Watch (HRW) mengatakan Arab Saudi telah menahan ratusan pekerja migran yang sebagian besar adalah pekerja migran Ethiopia dalam kondisi "mengerikan".

Organisasi yang berbasis di New York mengatakan dalam sebuah laporan pada Selasa (15/12), pusat deportasi di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, menahan ratusan pekerja migran yang sebagian besar berasal dari Ethiopia dalam kondisi yang sangat merendahkan sehingga mereka diperlakukan dengan buruk.

Dilansir dari Press TV, HRW mengatakan para migran ditahan di ruangan yang sangat penuh sesak dalam waktu yang lama. Para penjaga telah menyiksa dan memukuli mereka dengan batang logam berlapis karet.

Laporan itu menambahkan bahwa setidaknya tiga orang telah tewas dalam tahanan sejak Oktober.

"Arab Saudi, salah satu negara terkaya di dunia, tidak memiliki alasan untuk menahan pekerja migran dalam kondisi yang memprihatinkan, di tengah pandemi kesehatan, selama berbulan-bulan," kata peneliti hak-hak pengungsi dan migran di HRW, Nadia Hardman.

"Rekaman video orang-orang yang berdesakan, tuduhan penyiksaan, dan pembunuhan di luar hukum sangat mengejutkan, begitu juga dengan keengganan pihak berwenang untuk melakukan apa pun untuk menyelidiki kondisi pelecehan dan meminta pertanggungjawaban mereka," tambahnya.

HRW mengutip para tahanan yang mengatakan bahwa beberapa dari mereka telah terinfeksi virus corona (COVID-19) tetapi tidak ada tindakan yang diambil untuk mengendalikan penyebaran penyakit tersebut.

"Pihak berwenang Saudi harus segera membebaskan tahanan yang paling rentan dan memastikan bahwa penahanan hanya digunakan sebagai langkah luar biasa sebagai upaya terakhir," katanya.

"Ini harus segera mengakhiri penyiksaan dan perlakuan buruk lainnya, dan memastikan bahwa kondisi penahanan memenuhi standar internasional," tambahnya.

Para migran di pusat itu, sebagian besar dari Ethiopia tetapi juga dari negara-negara Afrika atau Asia lainnya, ditangkap dan menunggu deportasi di tengah pandemi COVID-19, dengan otoritas Saudi mengklaim bahwa para migran tidak memiliki izin tinggal yang sah.

"Arab Saudi harus bertindak cepat untuk mengakhiri kondisi kejam di pusat deportasi Riyadh dan menahan potensi wabah COVID-19 yang menghancurkan. Pemerintah dengan warga negara di dalam fasilitas harus menekan pihak berwenang dan melakukan semua yang mereka bisa untuk memfasilitasi pemulangan sukarela," kata Hardman.

Pekerja asing menyumbang sekitar 12,6 juta dari total populasi Arab Saudi yang berjumlah 33,4 juta, menurut data pemerintah terbaru yang tersedia dari 2018, dengan beberapa juta lainnya tinggal di kerajaan di luar hukum.

Penahanan para migran di fasilitas yang menyedihkan di Arab Saudi telah menjadi masalah lama.

Pada 2014, warga negara Ethiopia di Riyadh mengatakan kepada HRW bahwa ribuan pekerja asing ditahan di fasilitas penahanan darurat tanpa makanan dan tempat tinggal yang memadai, sebelum dideportasi.

Pada 2019, organisasi yang berbasis di New York mengidentifikasi sekitar sepuluh penjara dan pusat penahanan di kerajaan ultra-konservatif tempat para migran ditahan untuk berbagai periode.

Pada bulan Agustus, Human Rights Watch mengidentifikasi tiga pusat penahanan di provinsi Jizan dan Jeddah tempat ribuan migran Ethiopia ditahan dalam kondisi yang menyedihkan sejak mereka diusir dari Yaman utara pada bulan April.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US