• Nasional

Kebal Terhadap Vaksin, Ilmuwan Inggris Khawatir atas Virus di Afrika Selatan

Asrul | Rabu, 06/01/2021 21:11 WIB
Kebal Terhadap Vaksin, Ilmuwan Inggris Khawatir atas Virus di Afrika Selatan Seorang pekerja medis yang mengenakan pakaian pelindung bersiap untuk mengangkut kasus dugaan virus corona (COVID-19) di Rabat, Maroko pada 1 April 2020 [Jalal Morchidi / Anadolu Agency]

London, beritakaltara.com - Ilmuwan Inggris memperingatkan bahwa jenis virus corona (COVID-19) Afrika Selatan kemungkinan resisten terhadap vaksin yang dikembangkan saat ini.

Dilansir dari Arab News yang mengutip Daily Telegraph, varian baru virus tersebut diketahui membawa tiga mutasi terpisah, salah satunya disebut N501Y, yang juga telah ditemukan di strain Inggris yang dikenal sebagai varian Kent.

Tetapi strain Afrika Selatan juga membawa mutasi yang disebut E484K dan K417N, yang mempengaruhi mekanisme protein lonjakan virus yang digunakan untuk menempel pada sel manusia. Ini dapat mengganggu cara vaksin menargetkan virus.

"Mutasi E484K terbukti mengurangi pengenalan antibodi. Dengan demikian, ini membantu SARS-CoV-2 untuk melewati perlindungan kekebalan yang diberikan oleh infeksi atau vaksinasi sebelumnya," kata Francois Balloux, profesor biologi sistem komputasi di University College London.

"Tidak diantisipasi bahwa mutasi ini cukup bagi varian Afrika Selatan untuk melewati perlindungan yang diberikan vaksin saat ini. Ada kemungkinan, varian baru akan memengaruhi kemanjuran vaksin COVID-19, tetapi kita tidak boleh membuat asumsi itu tentang vaksin Afrika Selatan," sambungnya.

Pandemi telah membuat virus asli bermutasi dan menyimpang beberapa kali sebelumnya, kadang-kadang menyebabkan galur yang lebih ganas seperti varietas Afrika Selatan dan Kent.

Penelitian sedang berlangsung untuk menentukan apakah strain ini resisten terhadap rangkaian vaksin baru yang baru-baru ini disetujui di seluruh dunia.

Simon Clarke, profesor di bidang mikrobiologi seluler di Universitas Reading mengatakan, varian virus Afrika Selatan memiliki sejumlah mutasi tambahan termasuk perubahan pada beberapa protein lonjakan virus, yang mengkhawatirkan.

"Mereka menyebabkan perubahan yang lebih luas pada protein lonjakan daripada perubahan pada varian Kent, dan mungkin membuat virus kurang rentan terhadap respons kekebalan yang dipicu oleh vaksin," ujarnya.

Seperti Balloux, Clarke mendesak agar berhati-hati dalam membuat penilaian sebelum cukup bukti dikumpulkan. "Meskipun lebih menular, saat ini masih belum jelas apakah itu menyebabkan bentuk penyakit yang lebih parah," katanya.

Pakar lain telah menyerukan tindakan yang lebih keras untuk memerangi strain baru mengingat tingkat penularan yang meningkat.

"Sementara perubahan pada varian Inggris tidak mungkin mempengaruhi keefektifan vaksin saat ini, akumulasi mutasi lonjakan lebih banyak pada varian Afrika Selatan lebih menjadi perhatian dan dapat menyebabkan beberapa pelarian dari perlindungan kekebalan," kata Lawrence Young, profesor onkologi molekuler di University of Warwick.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan sangat khawatir dengan penyebaran strain Afrika Selatan. Pendahulunya, Jeremy Hunt, menyebut situasi itu "lebih buruk" daripada yang dia hadapi selama di pemerintahan.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US