• Nasional

Harga Cabai Tembus Rp 94.150 Per Kg, Kementan Pastikan Minggu Ketiga akan Pulih

Fadli | Kamis, 07/01/2021 06:27 WIB
Harga Cabai Tembus Rp 94.150 Per Kg, Kementan Pastikan Minggu Ketiga akan Pulih Tampak seorang ibu sedang memesan cabai di salah satu pasar (Foto: Ist)

Jakarta, beritakaltara.com - Kepala Badan Ketahanan pangan (BPK) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya memastikan bahwa kondisi harga cabai yang tinggi saat ini akan berangsur pulih di minggu ketiga.

"Minggu ketiga bulan ini harga cabai kembali normal. Yang jelas sampai akhir Desember kemarin produksi kita memang aga sedikit berkurang dibandingkan bulan bulan sebelumnya. Tapi Januari kita sudah kembali normal," kata Agung dalam Kompas Bisnis, Rabu (6/1).

Agung juga mengatakan, Kementan telah melakukan perluasan area tanam di sejumlah daerah. Bahkan, sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, penanaman dilakukan dengan menggunakan sentuhan teknologi.

"Kita akan melakukan penanaman cabai dengan teknologi. Kemudian kita akan mengembangkan areal tanaman baru untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Bahkan kami melakukan operasi pasar sebagai langkah memutus rantai pasok," katanya.

Agung juga mengatakan bahwa Kementan terus menjalin koordinasi dengan beberapa pihak, termasuk Kementerian Perdagangan dan pihak lain yang bergerak di bidang pangan.

"Yang pasti kita harus koordinasi dengan semua sektor, apalagi tanggal 11 sampai 25 akan dilakukan PSBB ketat. Tentu semua ini harus kita persiapkan agar kebutuhan pangan dalam kondisi aman," tegasnya.

Disamping itu, ada tiga faktor yang menyebabkan harga cabai di akhir akhir ini meningkat. Ketiga faktor itu masing-masing adalah faktor hari besar seperti perayaaan Natal dan Tahun Baru serta adanya faktor cuaca buruk yang disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan.

"Faktor yang terakahir adalah terganggunya distribusi akibat banjir baik yang dari pentani maupun dari sentra produksi. Kan kbanjiran itu bukan hanya di produksi saja yang terganggu, namun juga pada operasional distribusinya," ujar Agung.

Dalam beberapa hari terakhir, semua jenis cabai mengalami kenaikan harga, tapi tertinggi terjadi pada cabai rawit merah. Harga cabai rawit merah di beberapa pasar di Jakarta menembus Rp90.000 per kilogram.

Mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) per Selasa (5/1), rata-rata harga cabai rawit di Jakarta sebesar Rp 94.150 per kilogram.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US