• Nasional

Terkait Nuklir, Ayatollah Khamenei: Iran tidak akan Menyerah pada Tekanan AS

Asrul | Selasa, 23/02/2021 06:07 WIB
Terkait Nuklir, Ayatollah Khamenei: Iran tidak akan Menyerah pada Tekanan AS Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Sayyid Ali Khamenei memberi isyarat saat pertemuan dengan ratusan siswa terbaik di Teheran, 9 Oktober 2019. (Foto oleh Khamenei.ir)

Teheran, beritakaltara.com -  Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, Iran dapat memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen jika negara itu membutuhkannya, dan tidak akan pernah menyerah pada tekanan Amerika Serikat (AS) atas program nuklirnya.

Pakta nuklir, yang dilanggar sejak AS mundur pada 2018, membatasi kemurnian fisil yang dapat digunakan Teheran memurnikan uranium 3,67 persen, jauh di bawah 20 persen yang dicapai sebelum perjanjian dan jauh di bawah 90 persen cocok untuk senjata nuklir.

"Tingkat pengayaan uranium Iran tidak akan dibatasi hingga 20 persen. Kami akan meningkatkannya ke tingkat apa pun yang dibutuhkan negara ... Kami dapat meningkatkannya menjadi 60 persen," kata Ayatollah Khamenei pada Senin (22/2).

"Pihak Amerika dan Eropa dalam kesepakatan itu telah menggunakan bahasa yang tidak adil terhadap Iran ... Iran tidak akan menyerah pada tekanan. Sikap kami tidak akan berubah," kata Ayatollah Khamenei.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan komentar Khamenei "terdengar seperti ancaman" dan menolak untuk menanggapi apa yang ia gambarkan sebagai "hipotesis" dan "sikap".

Dia menegaskan kembali kesediaan AS untuk terlibat dalam pembicaraan dengan Iran tentang kembali ke kesepakatan nuklir 2015.

Pemerintah Joe Biden mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya siap untuk berbicara dengan Iran tentang kedua negara yang kembali ke perjanjian yang ditinggalkan oleh mantan presiden Donald Trump.

Teheran pekan lalu mengatakan sedang mempelajari proposal Uni Eropa untuk pertemuan informal antara anggota kesepakatan saat ini dan AS, tetapi belum menanggapinya.

Iran, yang kembali memperkaya hingga 20 persen dalam upaya nyata  menambah tekanan pada AS, telah berselisih dengan Washington mengenai pihak mana yang harus mengambil langkah awal untuk menghidupkan kembali perjanjian itu.

Meskipun di bawah tekanan domestik untuk meringankan kesulitan ekonomi yang diperburuk oleh sanksi, para pemimpin Iran bersikeras Washington harus mengakhiri kampanye hukumannya terlebih dahulu untuk memulihkan kesepakatan, sementara Washington mengatakan Teheran harus kembali ke kepatuhan penuh.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan pada Senin, Washington bermaksud mendukung dan memperpanjang pakta 2015, yang bertujuan membatasi potensi pengayaan Iran dengan imbalan pencabutan sebagian besar sanksi.

Saat berbicara pada Konferensi Perlucutan Senjata di Jenewa, Blinken mengatakan dalam pidato yang direkam sebelumnya, "AS tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa Iran tidak pernah memperoleh senjata nuklir. Diplomasi adalah jalan terbaik untuk mencapai tujuan itu."

Khamenei, dalam sambutannya yang disiarkan televisi, mengulangi penyangkalan atas niat Iran untuk mempersenjatai pengayaan uranium.

"Badut Zionis internasional (Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu) mengatakan mereka tidak akan mengizinkan Iran memproduksi senjata nuklir. Pertama-tama, jika kami memiliki niat seperti itu, bahkan mereka yang lebih kuat darinya tidak akan mampu menghentikan kami," kata dia

Untuk menekan pemerintahan Biden agar mencabut sanksi, parlemen Iran yang didominasi garis keras mengesahkan undang-undang tahun lalu yang mewajibkan pemerintah mengakhiri inspeksi pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai Selasa jika sanksi tidak dicabut.

Utusan Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Kazem Gharibabadi, mengatakan Iran telah mengakhiri penerapan apa yang disebut Protokol Tambahan, yang memungkinkan IAEA untuk melakukan inspeksi mendadak pada tengah malam (4.30 pagi waktu Singapura). (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US