• Nasional

Diisukan Minta Tes Swab ke Diplomat AS, Ini Klarifikasi dari Kementerian Luar Negeri China

Asrul | Kamis, 25/02/2021 17:08 WIB
Diisukan Minta Tes Swab ke Diplomat AS, Ini Klarifikasi dari Kementerian Luar Negeri China Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian menghadiri konferensi pers di Beijing, Cina, pada 8 April 2020. (Foto: Reuters)

Beijing, beritakaltara.com - Kementerian Luar Negeri China membantah diplomat Amerika Serikat (AS) di negara itu diminta untuk melakukan tes swab anal untuk mendeteksi COVID-19.

Media AS Vice pada Rabu (23/2) mengutip seorang pejabat Departemen Luar Negeri yang mengatakan bahwa tes itu salah dan bahwa China telah mengatakan akan menghentikan tes semacam itu pada diplomat AS.

"Sepengetahuan saya, China tidak pernah meminta staf diplomatik AS yang ditempatkan di China untuk melakukan tes usap dubur," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dalam jumpa pers harian di Beijing, Kamis (25/2).

Dalam email ke Reuters, perwakilan Departemen Luar Negeri mengatakan berkomitmen untuk menjamin keselamatan dan keamanan diplomat AS dan keluarga mereka, serta menjaga martabat mereka.

Beberapa kota di China menggunakan sampel yang diambil dari anus untuk mendeteksi potensi infeksi di tengah peningkatan skrining selama serentetan wabah regional menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Tes menggunakan swab anal dapat menghindari infeksi yang hilang karena jejak virus dalam sampel feses atau usap anal dapat tetap terdeteksi untuk waktu yang lebih lama daripada pada saluran pernapasan, kata Li Tongzeng, seorang dokter penyakit pernapasan di Beijing, kepada televisi pemerintah bulan lalu.

Tes feses juga mungkin lebih efektif dalam menemukan infeksi pada anak-anak dan bayi karena limbah mereka membawa viral load yang lebih tinggi daripada orang dewasa, kata para peneliti di Universitas Cina Hong Kong dalam sebuah makalah yang diterbitkan tahun lalu.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US