• Nasional

Di Akhir Mei Biden Yakinkan Stok Vaksin untuk Semua Orang Dewasa Tersedia

Asrul | Rabu, 03/03/2021 11:15 WIB
Di Akhir Mei Biden Yakinkan Stok Vaksin untuk Semua Orang Dewasa Tersedia Calon Demokrat untuk presiden Joe Biden menyampaikan pernyataan kebijakan luar negeri di Current di Chelsea Piers, Pier 59 pada hari Selasa di New York City. Foto oleh John Angelillo / UPI

New York, beritakaltara.com -  Presiden Joe Biden mengatakan, negaranya akan memiliki pasokan vaksin COVID-19 yang cukup pada akhir Mei 2021 untuk menyuntik seluruh populasi orang dewasa Amerika Serikat (AS).

Hal itu disampaikan saat mengumumkan kesepakatan untuk raksasa farmasi  Merck untuk memproduksi vaksin COVID-19 dosis tunggal Johnson & Johnson (J&J) agar meningkatkan pasokan secara nasional.

"Ini adalah jenis kolaborasi antara perusahaan yang kami lihat dalam Perang Dunia," kata Biden dalam mengumumkan kesepakatan farmasi.

"Kami sekarang berada di jalur yang tepat untuk memiliki cukup pasokan vaksin untuk setiap orang dewasa di Amerika pada akhir Mei," kata pemimpin AS, yang sebelumnya menargetkan akhir Juli untuk mengumpulkan dosis yang cukup untuk menyuntik semua orang Amerika.

"Itu kemajuan. Kemajuan penting. Tetapi tidak cukup untuk memiliki pasokan vaksin," kata Biden, menekankan bahwa "upaya masa perang" masih menunggu untuk mengelola vaksin setelah diperoleh.

"Merck akan menggunakan dua fasilitasnya untuk memproduksi zat obat, memformulasi dan mengisi botol vaksin J&J," menurut pernyataan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS).

Pemerintahan Biden akan memanfaatkan Undang-Undang Produksi Pertahanan untuk menyediakan US $ 105 juta awal bagi Merck untuk mengkonversi dan melengkapi fasilitasnya untuk memproduksi vaksin dengan aman, kata pernyataan itu.

Vaksin J&J adalah yang ketiga yang menerima persetujuan peraturan AS untuk penggunaan darurat, tetapi yang pertama membutuhkan satu suntikan dan bukan dua suntikan.

Biden juga mengatakan fasilitas manufaktur vaksin milik Johnson & Johnson "sekarang akan mulai beroperasi 24/7" - atas desakan pemerintah.

HHS mengatakan ini akan memungkinkan J&J mengirimkan hampir 100 juta dosis ke Amerika Serikat pada akhir Mei - bukan Juni seperti yang dijanjikan sebelumnya.

J&J mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa senang "bekerja dengan Merck, yang akan meningkatkan kapasitas produksi kami sehingga kami dapat memasok melebihi komitmen kami saat ini."

Sebagai produsen vaksin utama, Merck telah mulai mengerjakan vaksin COVID-19, tetapi menghentikan upaya tersebut pada Januari, dengan mengatakan tanggapan kekebalan yang "lebih rendah" dari vaksin COVID-19 yang berhasil.

Kesepakatan antara Merck dan J&J mengikuti kesepakatan antara Pfizer-BioNTech dan raksasa farmasi Prancis Sanofi, yang berencana memproduksi 125 juta dosis di sebuah pabrik di Frankfurt, Jerman setelah kandidat vaksin Sanofi gagal. (AFP)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US