• Nasional

Pada Bulan Juni China Target Vaksinasi 40 Persen Penduduk

Asrul | Rabu, 03/03/2021 11:20 WIB
Pada Bulan Juni China Target Vaksinasi 40 Persen Penduduk Seorang apoteker memegang botol berisi vaksin virus corona Pfizer-BioNTech (COVID-19) pada hari pembukaan pusat vaksinasi di Festhalle di Frankfurt, Jerman, Jerman 19 Januari 2021. (Foto: Die Welt)

Taipei, beritakaltara.com - Pakar kesehatan di China mengatakan negara mereka tertinggal dalam peluncuran vaksinasi COVID-19 karena sebagian besar penyakitnya dapat dikendalikan, tetapi berencana untuk menginokulasi 40 persen populasinya pada bulan Juni.

Seorang ahli virus corona yang membantu membentuk respons Covid-19 China, Zhong Nanshan mengatakan negara tersebut telah mengirimkan 52,52 juta dosis vaksin COVID-19 pada 28 Februari.

Hal itu disamapaikan pada Senin (1/3) di forum daring antara ahli medis Amerika Serikat (AS) dan China yang diselenggarakan oleh Brookings Institution dan Universitas Tsinghua.

Target tersebut adalah yang pertama ditawarkan China secara publik sejak memulai kampanye imunisasi massal untuk kelompok-kelompok kunci pada pertengahan Desember.

China lambat memvaksinasi rakyatnya dibandingkan dengan negara lain, sejauh ini memberikan 3,56 dosis per 100 orang, menurut Zhong, dalam populasi 1,4 miliar.

Vaksinasi tercepat adalah Israel, yang telah memberikan 94 dosis per 100 orang. AS telah memvaksinasi sekitar 22 persen dari populasinya.

Pakar kesehatan China mengatakan negara itu memiliki cukup pasokan vaksin untuk populasinya, meskipun negara itu berjanji untuk menyediakan hampir setengah miliar dosis di luar negeri, kira-kira 10 kali lipat dari jumlah yang telah diberikannya di dalam negeri.

"Kecepatan vaksinasi saat ini sangat rendah karena pengendalian wabah sangat baik di China, tetapi saya pikir kapasitasnya cukup," kata Zhang Wenhong, pakar penyakit menular yang berbasis di Shanghai yang juga berbicara di panel.

Pengembang empat vaksin China yang saat ini disetujui mengatakan mereka dapat memproduksi hingga 2,6 miliar dosis pada akhir tahun ini. Namun, memvaksinasi populasi besar-besaran di China akan menjadi tugas yang menakutkan.

Bahkan dengan kecepatan memvaksinasi 10 juta orang per hari, dibutuhkan sekitar tujuh bulan untuk memvaksinasi 70 persen dari populasinya, kata Zhang.

Semua ahli mengakui tugas kompleks vaksinasi populasi dunia, menunjuk pada lambatnya peluncuran vaksin secara global.

"Permintaan akan melebihi pasokan selama berbulan-bulan, dan kecuali jika ada lebih banyak manufaktur… selama bertahun-tahun," kata Tom Frieden, mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Mereka juga memperingatkan agar tidak mengharapkan cepatnya kembali normal.

Kepala Pusat Pengendalian Penyakit China, Gao Fu, meramalkan bahwa kehidupan dapat kembali ke "perkiraan normal" pada musim panas tahun depan.

Gao, bersama dengan Zhong dan pakar kesehatan Tiongkok lainnya, mendesak lebih banyak kerja sama AS-Tiongkok. Gao secara khusus meminta AS dan China untuk bekerja sama dalam COVAX, sebuah inisiatif untuk mendistribusikan vaksin secara lebih adil ke seluruh dunia berkembang. "Ayo bekerja sama," katanya. (AP)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US