• Nasional

Jadi Pusat Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Untar juga Siap Jadi Sentra Vaksinasi Bagi Warga

Asrul | Kamis, 25/03/2021 06:07 WIB
Jadi Pusat Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Untar juga Siap Jadi Sentra Vaksinasi Bagi Warga Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan (tengah) dalam program vaksinasi untuk lansia (Foto: Ist)

Jakarta, beritakaltara.com - Universitas Tarumanagara (Untar) ditunjuk sebagai pusat vaksinasi Covid-19, bagi kalangan masyarakat lanjut usia (lansia).

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada 24-27 Maret 2021, bertempat di Hall A Kampus 2 Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat dengan menggandeng kecamatan dan puskesmas Grogol Petamburan.

Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan menjelaskan fokus sentra vaksinasi di Untar saat ini melayani lansia dengan usia 60 tahun ke atas.

Tidak hanya masyarakat lansia, lanjut Agustinus, pihaknya juga siap mendukung pemerintah sebagai sentra vaksinasi bagi dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat umum jika program vaksinasi tersebut dibuka oleh Pemda DKI Jakarta.

"Penanganan Covid-19 harus komprehensif, semua pihak bergerak bersama untuk memutus rantai dengan aksi nyata salah satunya dengan melakukan vaksinasi," terang Agustinus kepada awak media pada Rabu (24/3).

Agustinus menambahkan, kegiatan merupakan salah satu bentuk pengabdian Untar terhadap masyarakat, sekaligus implementasi kebijakan `Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dengan melibatkan para dosen dan mahasiswa.

"Dengan adanya vaksinasi nantinya diharapkan Untar dapat melakukan pembelajaran luring secara bertahap sesuai dengan protokol kesehatan dan keputusan dari pemerintah, saat ini Untar fokus terhadap pengembangan fasilitas yang dimiliki untuk menunjang protokol kesehatan dalam mengurangi penyebaran Covid-19," papar dia.

Camat Kecamatan Grogol Petamburan Didit Sumaryanta menyampaikan kegiatan vaksinasi di sentra yang ke-8, sangat membantu menjangkau masyarakat lansia di DKI Jakarta yang belum tersentuh.

"Sampai saat ini kita sudah melakukan vaksin secara menyeluruh dengan total 7.149 orang. Namun jika dibandingkan masih sangat jauh dengan target yaitu 26.545 orang. Semoga apa yang kita laksanakan dapat membantu pencapaian target vaksinasi bagi masyarakat lansia," kata Didit.

"Upaya untuk mengedukasi masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi terus dilakukan agar dapat memberikan kesadaran akan pentingnya Vaksinasi Covid-19 ini," sambung dia.

Didit juga berpesan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri ikut program vaksinasi di Untar tetapi tidak memiliki transportasi untuk datang ke lokasi, dapat menelpon ke RT/RW untuk pelayanan antar-jemput.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan Grogol Nurmari Wahyu Hapsari menaruh harapan yang besar atas keterlibatan Untar dalam membantu program vaksinasi. Dia mengatakan, pelaksanaan program vaksinasi harus didukung banyak tenaga dari berbagai pihak.

"Dengan kontribusi yang dilakukan oleh Untar kami harap dapat memenuhi kekurangan tenaga tersebut," ujar dia.

Diakuinya bahwa untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi adalah hal yang aman merupakan hal yang tidak mudah.

"Protokol kesehatan baik 5M maupun perketatan pemakaian masker di berbagai tempat baik hiburan, restoran, dan jalanan kami pastikan tetap berjalan. Dengan demikian kita bersama-sama setidaknya bisa mengurangi, walaupun bukan secara langsung memutus rantai Covid-19," tutup dia.

Acara Vaksinasi Covid-19 ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Untar Dr. dr. Meilani Kumala, M.S., Sp., GK., Koordinator Pelaksana sekaligus dosen FK Untar dr. Wiyarni, Sp.A., IBCLC serta Tim Pemerintah DKI Jakarta.

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US