• Nasional

Sebagai Acuan Bangun Pertanian, Ini Lima Pesan Mentan untuk Anak Milenial

Asrul | Minggu, 28/03/2021 05:19 WIB
Sebagai Acuan Bangun Pertanian, Ini Lima Pesan Mentan untuk Anak Milenial Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 di Lapangan Kantor Pusat Kementan, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat 18 Desember 2020. (Foto: Kementan/jurnas.com)

Jakarta, beritakaltara.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan lima pesan penting sebagai acuan dalam membangun pertanian saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (27/3).

Pertama, anak muda harus membuat rencana jangka panjang dengan planning yang jelas sebagai modal dasar dalam melangkah. Dengan kata lain, petani muda tidak bisa berdiam diri tanpa memikirkan inovasi.

"Planningnya jelas dan harus terus diperkuat. Jelas artinya budidayanya tidak kabur. Pemasarannya sudah dikonsepkan dan pemasarannya sudah dipikirkan," kata dia.

Kedua, petani milenial juga harus memiliki atensi dan berpikir keras untuk meraih kesuksesan. Dalam poin ini, anak kuda tidak boleh menyerah dengan satu kali kegagalan.

"Gagal itu biasa, kalau perlu gagal dulu baru berhasil. Dan yang paling penting atensinya terus bermain. Tidak boleh hanya disatu tepat saja," kata dia.

Poin ketiga, lanjut dia, mempergunakan ilmu pengetahuan sebagai modal dalam berpikir dan bertindak. Pengetahuan harus disiapkan dengan cara belajar dan mengasah rasa keingintahuan.

"Kalau saya bilang poin ini harus lebih banyak memakai knowledge. Pakai pengetuahanmu sebab keringat tidak pernah mengingkari janji," ujar Syahrul.

Adapun poin keempat dan kelima adalah mau berkorban dengan keringat yang lebih banyak tanpa mengabaikan integritas. Berkorban demi sebuah cita-cita harus dilakukan untuk sesuatu yang lebih besar.

"Intinya alam kita ini sudah tuhan kasih untuk dirawat dan dioptimalkan. Tinggal kita belajar yang rajin dan mau berusaha. Jadi saya sarankan selesai bimtek ini cari jalanya. Cari inovasinya. Insyaallah semua bisa kita lakukan," tutupnya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US