• Nasional

Indonesia Minta China Segera Realisasi Investasi Industri Baterai

Asrul | Jum'at, 02/04/2021 18:42 WIB
Indonesia Minta China Segera Realisasi Investasi Industri Baterai Menteri BUMN Erick Thohir

beritakaltara.com - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke China bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan M Lutfi.

Dalam pertemuan dengan Contemporary Amperex Technology Co.Ltd (CATL), Erick Thohir meminta agar realisasi kerja sama konsorsium holding industri baterai Indonesian Batery Company (IBC) dengan CATL bisa dilakukan segera.

"Pertemuan saya dengan CATL untuk memastikan bahwa kerja sama denga IBC bisa berjalan dengan baik. Lebih spesifik kami berharap agar realisasi kerja sama ini bisa dipercepat," ujar Erick dalam konferensi pers pada Jumat.

Erick menjelaskan kerja sama antara CATL dan IBC punya nilai investasi sekitar USD5 miliar dolar.

Nantinya CATL akan masuk mulai dari sisi hulu dari konsorsium IBC ini.

Dalam pertemuan tersebut, Erick memastikan kepada CATL bahwa apabila ada kendala terkait kerja sama ini maka Kementerian BUMN bersama BKPM akan menyelesaikan kendala tersebut.

"Kami juga ingin memastikan kalau ada kesulitan di lapangan BKPM untuk bisa menyelesaikan semua halangan," tambah Erick.

IBC resmi dibentuk pada Jumat lalu oleh Menteri BUMN Erick Thohir. IBC didirikan sebagai holding untuk mengelola ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik (Electric Vehicle Battery) yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Erick mengatakan pembentukan IBC merupakan strategi pemerintah, khususnya Kementerian BUMN memaksimalkan potensi sumber daya mineral di Indonesia.

Erick ingin menciptakan nilai tambah ekonomi dalam industri pertambangan dan energi, terutama nikel yang menjadi bahan utama baterai EV, mengembangkan ekosistem industri kendaraan listrik, dan memberikan kontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, investasi skala besar seperti ini akan membuka banyak lapangan kerja/" style="text-decoration:none;color:#228239;font-weight: 700;">lapangan kerja, khususnya generasi muda kita," papar Erick.(aa.com.tr)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US