• Nasional

Turki Mulai Berikan Suntikan COVID-19 Pfizer dan BioNTech

Asrul | Sabtu, 03/04/2021 08:42 WIB
Turki Mulai Berikan Suntikan COVID-19 Pfizer dan BioNTech Pemerintah Turki,Vaksin Bfizer

Jakarta, Beritakaltara.com - Turki mulai memberikan suntikan COVID-19 Pfizer dan BioNTech, memperkenalkan vaksin kedua dalam kampanyenya yang dimulai pada pertengahan Januari, ketika kasus-kasus baru mencapai rekor tertinggi.

Turki sejauh ini telah mengirimkan 16,5 juta dosis vaksin secara nasional, termasuk lebih dari 7 juta orang yang telah menerima suntikan dosis kedua yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China.

Dilansir Middleeast, Sabtu (03/04), peluncuran sejauh ini mencakup mereka yang berusia di atas 60 tahun, tenaga kesehatan, dan kelompok prioritas lainnya.

"Sebanyak 2,8 juta dosis vaksin Pfizer telah tiba di Turki, dengan jumlah itu diperkirakan akan mencapai 4,5 juta dalam beberapa hari mendatang," ujar Menteri Kesehatan Fahrettin Koca.

Orang dapat memilih vaksin mana yang ingin mereka terima ketika giliran mereka tiba, kata Koca, seraya menambahkan bahwa tujuannya adalah untuk memvaksinasi mayoritas penduduk pada bulan Juni.

Emre Yavuz mengatakan dia dan istrinya menerima vaksin Pfizer / BioNTech karena anak perempuan mereka belajar di Eropa, yang menurutnya mungkin tidak mengizinkan mereka yang menerima vaksin Sinovac.

"Ada perdebatan di Uni Eropa tentang apakah akan menerima ini (Sinovac) atau tidak. Oleh karena itu, saya memilih ini untuk amannya," katanya, setelah menerima suntikan pertamanya di Rumah Sakit Kota Ankara.

Turki baru-baru ini memberlakukan penguncian akhir pekan baru di sebagian besar provinsi, karena kasus-kasus mencapai titik tertinggi sepanjang masa di seluruh negeri. Pada Kamis, 40.806 kasus baru tercatat, level tertinggi sejak awal pandemi.

Jumlah total kasus mencapai 3,358 juta pada Kamis, dengan jumlah kematian 31.713. Turki saat ini menempati peringkat kelima secara global untuk kasus harian berdasarkan rata-rata tujuh hari, menurut penghitungan Reuters.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US