• Nasional

Korea Utara Mundur dari Olimpiade Tokyo karena Alasan COVID-19

Asrul | Selasa, 06/04/2021 10:38 WIB
Korea Utara Mundur dari Olimpiade Tokyo karena Alasan COVID-19 Olimpiade Tokyo, Jepang 2021

Seoul, beritakaltara.com - Korea Utara tidak akan berpartisipasi pada ajang Olimpiade Tokyo tahun ini karena kekhawatiran COVID-19. Begitu kata kementerian olahraga negara itu pada Selasa (6/4).

Keputusan tersebut memupuskan harapan Korea Selatan yang mengharapkan Olimpiade  tersebut dapat menjadi katalis untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai yang macet antarkedua negara.

Ini akan menjadi pertama kalinya Korea Utara melewatkan Olimpiade Musim Panas sejak Korea Utara memboikot Seoul pada 1988 di tengah Perang Dingin.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in berharap kedua negara, yang secara teknis masih berperang setelah konflik 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai, dapat menurunkan tim gabungan di Tokyo dan membangun kembali momentum untuk hubungan yang lebih baik.

Penarikan Korea Utara dari Tokyo juga merupakan kemunduran untuk rencana, yang disepakati pada pertemuan puncak 2018 antara Moon dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, untuk mengejar tawaran bersama Korea untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Ketika Korea Selatan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pada 2018, Kim Jong un mengirim saudara perempuannya memimpin delegasi negara, para atlet dari kedua belah pihak berbaris di bawah bendera terpadu pada upacara pembukaan, dan menurunkan tim hoki es wanita gabungan.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat bulan lalu ketika Korea Utara melanjutkan uji coba rudal, meskipun kedua belah pihak mengatakan setelah peluncuran bahwa mereka ingin melanjutkan dialog.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea mengatakan Seoul berharap Olimpiade Tokyo akan menjadi kesempatan untuk mendorong perdamaian dan rekonsiliasi antara kedua Korea.

"Kami menyesal itu tidak bisa terjadi," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Korea Utara membuat keputusan untuk menarik diri dari Tokyo pada pertemuan komite Olimpiade dan Menteri Olahraga Kim Il Guk pada 25 Maret, kata kementerian itu di situsnya.

Panitia memutuskan untuk tidak mengikuti Olimpiade ke-32 untuk melindungi atlet dari krisis kesehatan global yang disebabkan oleh virus corona, katanya.

Korea Utara mengatakan tidak ada kasus virus korona.

Kim Jong, yang dikenal sebagai penggemar bola basket Amerika Serikat (AS), telah secara terbuka menunjukkan ambisinya untuk mempromosikan olahraga profesional.

Pertemuan 25 Maret itu juga membahas cara-cara mengembangkan teknologi olahraga profesional, memperoleh lebih banyak medali di kompetisi internasional, dan memperluas kegiatan olahraga publik selama lima tahun ke depan, kata kementerian itu. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US