• Nasional

Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Minta seluruh Pengunjung sudah Divaksin

Asrul | Sabtu, 17/04/2021 12:23 WIB
Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Minta seluruh Pengunjung sudah Divaksin Piala Dunia 2022 Qatar

Doha, beritakaltara.com - Kementerian Luar Negeri Qatar mengatatakan sedang dalam pembicaraan dengan pembuat vaksin virus corona untuk memastikan semua pengunjung yang menghadiri Piala Dunia 2022 di negara itu telah divaksinasi.

Negara Teluk itu menghadapi kebangkitan kasus virus dan kematian meskipun ada kemajuan dalam program vaksinasi massal, memaksa pihak berwenang untuk memberlakukan penguncian nasional.

"Kami telah bernegosiasi dan berbicara dengan penyedia vaksinasi tentang bagaimana kami dapat memastikan bahwa setiap orang yang menghadiri Piala Dunia divaksinasi," kata Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, Jumat (16/4).

"Saat ini sedang dikembangkan program untuk memberikan vaksinasi kepada semua peserta Piala Dunia," tambahnya dalam Raisina Dialogue, acara virtual yang diselenggarakan oleh Observer Research Foundation.

"Mudah-mudahan kami bisa menjadi tuan rumah acara bebas COVID. Kami juga berharap pandemi global akan mulai turun dan hilang."

Secara global, belum ada satu pun sistem sertifikasi vaksin yang diterima atau diakui secara universal, meskipun Travel Pass Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) telah mendapatkan popularitas di antara maskapai penerbangan Teluk termasuk Qatar Airways.

Hingga Jumat, 194.930 dari 2,75 juta orang Qatar telah dites positif terkena virus corona sejak pandemi dimulai, dengan 21.965 kasus aktif saat ini - hampir satu persen dari populasi.

Lebih dari 26.000 suntikan vaksin diberikan pada Jumat, sehingga total menjadi 1.209.648 dosis, menurut data resmi.

Satu dari lima dari 367 kematian yang diderita Qatar sejak dimulainya pandemi telah dilaporkan bulan ini, dimana para pejabat menyalahkan varian Inggris yang lebih ganas.

Pekan lalu Qatar mengumumkan penerapan kembali langkah-langkah penguncian yang ketat, melarang sebagian besar aktivitas dalam ruangan kecuali ritel dan bekerja dalam upaya untuk menahan virus.

Qatar telah menentang melonjaknya jumlah kasus virus korona untuk menggelar beberapa acara olahraga global terkenal dalam beberapa bulan terakhir, berfungsi sebagai tempat pengujian untuk berbagai pembatasan tetapi juga menderita kasus infeksi profil tinggi.

Negara Teluk yang kaya telah melawan tren negara-negara olahraga yang lebih mapan yang telah membatalkan atau menunda banyak acara terkemuka, alih-alih menjadi tuan rumah sepak bola, tenis, sepeda motor, judo, dan voli pantai sejak Januari.

Bos FIFA Gianni Infantino sebelumnya mengatakan bahwa langkah-langkah untuk menahan virus corona perlu diambil selama turnamen 2022 tetapi tidak memberikan perincian.

"Mungkin beberapa tindakan pencegahan harus diambil," katanya kepada AFP selama Piala Dunia Klub FIFA di Doha pada Februari.

Selain mengatakan langkah-langkah jarak yang tidak ditentukan masih bisa dilakukan untuk Piala Dunia tahun depan, Infantino menyarankan FIFA dapat secara konkret membantu para penggemar yang bepergian dari negara-negara dengan peluncuran vaksin yang tidak merata.

"Kami perlu melihat bagaimana situasinya saat itu. Sangat sulit untuk meramalkannya sekarang. Ini akan memakan sedikit waktu, dan kami memiliki waktu dua tahun untuk kembali ke keadaan normal." (AFP)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US