• Nasional

Trump Tuding Presiden Korea Selatan Moon Jae-in Tipu AS

Asrul | Sabtu, 24/04/2021 07:19 WIB
Trump Tuding Presiden Korea Selatan Moon Jae-in Tipu AS Donald Trump

Washington, Beritakaltara.com - Mantan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump pada Jumat (23/4) menuduh timpalannya dari Korea Selatan menipu AS, sambil terus menyoroti persahabatannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Kim Jong-un dari Korea Utara, yang saya kenal (dan sukai) dalam keadaan yang paling sulit, tidak pernah menghormati Presiden Korea Selatan saat ini, Moon Jae-in," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

"Presiden Moon lemah sebagai pemimpin dan sebagai negosiator, kecuali jika menyangkut penipuan militer jangka panjang yang berkelanjutan di AS Kami diperlakukan seperti orang bodoh selama beberapa dekade, namun, saya meminta mereka membayar miliaran dolar lebih banyak. untuk perlindungan militer dan layanan yang kami berikan," kata Trump lagi.

"Pemerintahan Biden bahkan tidak akan meminta miliaran tambahan yang disetujui Korea Selatan untuk membayar kami," tambah Trump, mengacu pada Presiden Joe Biden saat ini.

Selama masa kepresidenannya, Trump memposisikan dirinya sebagai negosiator utama dalam pembicaraan damai di semenanjung Korea.

Ia pertama kali bertemu pada Juni 2018 dengan Kim Jong un di Singapura, pertemuan puncak pertama antara negara-negara yang secara teknis masih berperang, dan kemudian mengatakan kedua pemimpin itu "jatuh cinta".

Kedua pemimpin itu bertemu dua kali lagi selama masa jabatan Trump, dan Korea Utara menunda uji coba nuklir dan rudal, tetapi analis mengatakan Pyongyang terus memajukan program senjatanya.

Pada Maret, Korea Selatan setuju untuk membayar 13,9 persen lebih banyak untuk biaya kehadiran pasukan AS di semenanjung, dalam kesepakatan enam tahun untuk menyelesaikan masalah yang membusuk di bawah pemerintahan Trump.

Perselisihan keuangan telah mengganggu aliansi keamanan kedua sekutu setelah Trump - yang mengambil pendekatan transaksional terhadap kebijakan luar negeri - berulang kali menuduh Korea Selatan memuat secara gratis.

Washington menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korea Selatan untuk mempertahankannya dari Korea Utara yang bersenjata nuklir, serta untuk melindungi kepentingan AS di timur laut Asia.

Di bawah kesepakatan baru, Seoul telah setuju untuk membayar 1,18 triliun won (US $ 1,03 miliar) untuk tahun 2021, dengan kenaikan tahunan setelah itu dikaitkan dengan anggaran pertahanannya.

Jumlah tersebut mewakili peningkatan 13,9 persen dari sekitar US $ 920 juta yang dibayarkan Seoul berdasarkan perjanjian sebelumnya, yang berakhir pada 2019 - tetapi jauh dari permintaan awal pemerintahan Trump sebesar ZUS $ 5 miliar setahun. (AFP)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US