• Nasional

Bill Gates dan Melinda Umumkan Pisah Ranjang

Asrul | Selasa, 04/05/2021 08:13 WIB
Bill Gates dan Melinda Umumkan Pisah Ranjang Miliarder Amerika dan pengembang perangkat lunak Bill Gates (Foto: Getty Images)

Seattle, beritakaltara.com - Pendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya serta sesama dermawan Melinda mengumumkan pada Senin (3/5), mereka bercerai setelah 27 tahun menikah.

Pengumuman dari salah satu pasangan terkaya di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih sekitar US $ 130 miliar, dibuat dalam pernyataan bersama di Twitter.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata keduanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter Bill Gates, yang ikut mendirikan Microsoft.

Salah satu pendiri Microsoft dan istrinya, yang meluncurkan yayasan amal terbesar di dunia, mengatakan bahwa mereka akan terus bekerja sama di Bill & Melinda Gates Foundation.

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup kami," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini," sambungnya.

Yayasan pasangan yang berbasis di Seattle ini dengan mudah merupakan yayasan swasta paling berpengaruh di dunia, dengan dana abadi senilai hampir US $ 50 miliar. Ini telah berfokus pada kesehatan global dan pembangunan dan masalah pendidikan AS sejak bergabung pada tahun 2000.

Dalam memoarnya tahun 2019, The Moment of Lift, Melinda Gates menulis tentang masa kecil, kehidupan, dan perjuangan pribadinya sebagai istri ikon publik dan ibu rumah tangga dengan tiga anak. iA memenangkan hati Gates setelah bertemu di jamuan makan malam, berbagi kecintaan yang sama pada teka-teki dan mengalahkannya di permainan matematika.

Pasangan itu menikah pada tahun 1994 di Hawaii. Mereka bertemu setelah dia mulai bekerja di Microsoft sebagai manajer produk pada tahun 1987.

Tahun lalu, Bill Gates, mantan orang terkaya di dunia, mengatakan dia mundur dari dewan Microsoft untuk fokus pada filantropi.

Gates adalah CEO Microsoft hingga 2000 dan sejak itu secara bertahap mengurangi keterlibatannya di perusahaan yang ia dirikan bersama Paul Allen pada 1975. Ia beralih dari peran sehari-hari di Microsoft pada 2008 dan menjabat sebagai ketua dewan hingga 2014 .

Dalam beberapa tahun terakhir, Bill Gates sebagian besar menjauhkan diri dari Microsoft dan industri teknologi, alih-alih berbicara tentang inisiatif kemiskinan dan kesehatan, serta pandemi virus corona.

Tahun lalu yayasan tersebut menjanjikan sekitar US $ 250 juta untuk membantu memerangi pandemi, dengan sebagian dana disalurkan untuk distribusi dosis vaksin COVID-19 yang menyelamatkan jiwa ke beberapa bagian Afrika Sub-Sahara dan Asia Selatan.

Gates, yang telah memperingatkan sejak 2015 tentang potensi bahaya pandemi global, menjadi sasaran para ahli teori konspirasi yang mengklaim telah mengetahui sebelumnya tentang COVID-19.

The Gateses akan menjadi pasangan miliarder terkenal kedua di Seattle yang mengakhiri pernikahan mereka dalam beberapa tahun terakhir.

CEO Amazon Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos menyelesaikan perceraian mereka pada 2019. MacKenzie Scott telah menikah lagi dan sekarang berfokus pada filantropinya sendiri. Dia menerima 4 persen saham di Amazon, senilai lebih dari US $ 36 miliar. (Agencies)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US