• Nasional

Facebook Tangguhkan Akun Trump Selama 2 Tahun

Asrul | Sabtu, 05/06/2021 09:08 WIB
Facebook Tangguhkan Akun Trump Selama 2 Tahun Facebook

San Francisco, beritakaltara.com - Facebook pada Jumat (4/6) melarang mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump selama dua tahun. Dia disebut pantas mendapatkan hukuman maksimum karena melanggar aturannya atas serangan mematikan oleh para pendukungnya di US Capitol.

"Mengingat beratnya keadaan yang menyebabkan penangguhan Mr Trump, kami percaya tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami yang pantas mendapatkan hukuman tertinggi yang tersedia di bawah protokol penegakan baru," kata wakil presiden urusan global Facebook, Nick Clegg dalam sebuah posting .

Facebook juga mengatakan tidak akan lagi memberikan kekebalan kepada politisi untuk konten yang menipu atau kasar di jejaring sosial berdasarkan komentar mereka yang layak diberitakan.

Dewan pengawas independen Facebook pada Mei mendukung pemblokiran raksasa media sosial itu terhadap Trump, yang diberlakukan setelah kerusuhan 6 Januari di US Capitol, karena perusahaan tersebut mengatakan postingannya menghasut kekerasan.

Namun, dewan memutuskan itu salah untuk membuat larangan tidak terbatas dan memberikan waktu enam bulan untuk menentukan tanggapan yang proporsional.

"Putusan Facebook adalah penghinaan terhadap 75 juta orang yang memecahkan rekor, ditambah banyak lainnya, yang memilih kami dalam Pemilihan Presiden yang Dicurangi 2020," kata Trump dalam sebuah pernyataan singkat, memperbarui klaim palsunya, pemilihan November lalu dicuri darinya.

"Mereka seharusnya tidak dibiarkan lolos dari penyensoran dan pembungkaman ini, dan pada akhirnya, kita akan menang. Negara kita tidak dapat menerima pelecehan ini lagi!" sambungnya.

Trump ditendang dari platform media sosial terbesar di dunia pada Januari, ketika Facebook menuduh pemimpin Partai Republik itu memicu kerusuhan mematikan bulan itu di US Capitol.

Situs web media lain seperti Twitter juga memblokirnya, tetapi larangan dua tahun Facebook berarti miliarder yang kurang ajar itu dapat kembali ke platform pada Januari 2023, di awal menjelang pemilihan presiden 2024.

Trump, 74, telah berulang kali menggoda prospek tawaran Gedung Putih lainnya, meskipun dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat - dan dibebaskan oleh Senat - karena menghasut pemberontakan 6 Januari.

Namun dalam pernyataannya hari Jumat, dia secara langsung menggambarkan dirinya sebagai kembali ke rumah kepresidenan - salah satu tanda paling jelas dari ambisinya untuk kembali berkuasa.

"Lain kali saya di Gedung Putih, tidak akan ada makan malam lagi, atas permintaannya, dengan Mark Zuckerberg dan istrinya," kata Trump tentang kepala eksekutif Facebook. "Semuanya akan menjadi bisnis!"

Sementara Trump telah menggoda dengan tawaran pemilihan baru, reporter politik New York Times Maggie Haberman tweeted pada hari Selasa bahwa Trump telah memberi tahu orang kepercayaannya bahwa ia mengharapkan untuk dikembalikan pada Agustus setelah serangkaian audit pemilihan di negara bagian seperti Arizona dan Georgia.

Tidak ada ketentuan dalam Konstitusi AS yang memungkinkan presiden yang kalah untuk diangkat kembali setelah pemilihan resmi.

Basis inti Trump sebagian besar menolak untuk percaya bahwa Presiden Joe Biden terpilih secara sah, meskipun kurangnya bukti yang menunjukkan sebaliknya.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US