• Nasional

Pasca Pilpres, Iran Takkan Ubah Kebijakan Pembicaraan Nuklir

Asrul | Rabu, 09/06/2021 07:08 WIB
Pasca Pilpres, Iran Takkan Ubah Kebijakan Pembicaraan Nuklir Suar gas di platform produksi minyak di Iran [REUTERS / Raheb Homavandi /]

Dubai, Beritakaltara.com - Kebijakan Iran dalam pembicaraan dengan kekuatan dunia (Prancis, Jerman, Inggris, China dan Rusia) untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015 akan tetap tidak berubah setelah pemilihan presiden 18 Juni.

Sejumlah hambatan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir tetap ada menjelang pembicaraan yang akan dilanjutkan minggu ini, menunjukkan kembalinya kepatuhan terhadap perjanjian itu masih jauh, kata para diplomat, pejabat dan analis Iran.

"Kami telah menunjukkan bahwa kami mematuhi kewajiban internasional kami dalam segala keadaan, dan ini adalah keputusan nasional," kata juru bicara kabinet Iran, Ali Rabiei dalam konferensi pers mingguan.

Rabiei mengatakan, kebijakan nuklir Iran, yang ditetapkan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, tidak terkait dengan perkembangan internal dan pemerintah baru akan mempertahankan kebijakan yang sama seperti yang diikuti dalam pembicaraan Wina yang dimulai pada April.

"Selama semua pihak dalam perjanjian nuklir mematuhi komitmen mereka, mereka dapat yakin bahwa Iran tidak akan mengabaikan kewajibannya," kata Rabiei.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menarik diri dari kesepakatan pada 2018, mendorong Iran untuk terus melampaui batas perjanjian pada program nuklirnya.

Dengan pengawas pemilu yang dipimpin garis keras yang melarang kandidat moderat dan konservatif terkemuka, jumlah pemilih kemungkinan akan rendah dalam perlombaan tujuh orang antara kandidat garis keras dan agak kurang garis keras, dan dua moderat profil rendah.

Para kandidat mengambil bagian dalam debat yang disiarkan televisi pada hari Selasa dan berdebat tentang isu-isu termasuk cara menyelamatkan kesepakatan nuklir dan mencabut sanksi AS yang telah menghancurkan ekonomi Iran.

Kandidat moderat terkemuka, Abdolnaser Hemmati, menuduh kelompok garis keras berusaha meningkatkan ketegangan dengan Barat melalui kebijakan luar negeri yang militan, sementara konglomerat yang mereka kendalikan meraup uang dalam jumlah besar dengan menghindari sanksi.

"Saya menghadapi kecenderungan yang ingin mengubah Gedung Putih menjadi Hosseinieh (ruang sholat Syiah) daripada mengembangkan Iran," kata Hemmati, mantan kepala bank sentral. "Mereka mendapat manfaat dari sanksi dengan menaikkan biaya transaksi kami sebesar 20 persen."

Saeed Jalili, seorang diplomat garis keras, menolak peringatan Hemmati tentang kaum radikal yang mencari konfrontasi dengan Barat sebagai imajiner.

Dia malah menuduh pemerintah Presiden Hassan Rouhani yang pragmatis membuang waktu dengan terus-menerus menunggu beberapa negara lain, satu kali Trump menjadi alasan, lain kali kesepakatan nuklir.

Kepala kehakiman Ebrahim Raisi, yang dipandang sebagai kandidat garis keras terkemuka, mengatakan, "Setiap pemerintah yang mengambil alih harus berupaya mengakhiri sanksi yang menindas, tetapi juga harus ada langkah-langkah praktis untuk menetralisir sanksi."

Para pemimpin Iran mengatakan sanksi dapat dinetralisir dengan menghindarinya atau dengan meningkatkan produksi lokal. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US