• Gaya Hidup

Apmasindo: Orang Tua Harus Jadi Panutan Bagi Anak

Asrul | Selasa, 15/06/2021 08:08 WIB
Apmasindo: Orang Tua Harus Jadi Panutan Bagi Anak Ketua Umum Apmasindo, Muhammad Ramdhan (tengah) bersama jajarannya (foto:istimewa)

Jakarta, beritakaltara.com - Muhammad Ramdhan, Ketua Umum Aktivis Pendidik Masyarakat Indonesia (APMASINDO) bersama Lizvy Revina selaku Founder QVY Learning Center memberikan edukasi kepada masyarakat dalam kegiatan webinar parenting dengan tema "Menggali Bakat dan Kekuatan Anak" pada Minggu (13/06).

Webinar tersebut menghadirkan narasumber Nyi Mas Diane Wulansari yang merupakan salah satu penulis buku anak dan parenting serta motivator ternama di Indonesia.

Peserta webinar kali ini datang dari berbagai kalangan masyarakat seperti Forum Dosen Nasional, Orami Parenting dan Himpaudi yang berasal dari berbagai kota.

Dalam sambutannya, Ketum APMASINDO, Muhammad Ramdhan berpesan kepada para peserta webinar bahwasanya saat ini banyak sekali orang yang dapat memberikan contoh, namun sedikit orang yang dapat dicontoh.

"Begitu pula kita sebagai orang tua tentunya tidak hanya dapat memberikan contoh, namun kita juga sebagai orang tua harus dapat dicontoh oleh anak," ujar Ramdhan.

Menurut Ramdhan, terkadang orang tua tidak sadar bahwasannya banyak perilaku orang tua yg tidak sesuai dengan yang dicontohkan kepada anaknya seperti orang tua mengajarkan anak untuk jangan sering bermain handphone namun disisi lain orang tua sering bermain handphone.

"Orang tua harus menjadi panutan bagi anaknya," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Lizvy Revina berharap dengan dilaksanakannya webinar parenting ini dapat menciptakan dan membagikan hal-hal positif yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama para orang tua agar dapat lebih intens memperhatikan perkembangan anak.

"Sebagai orang tua sebaiknya memiliki kepekaan saat melihat bakat dan kekuatan anak yang menonjol. Orang tua harus mengobservasi dan peka terhadap bakat yang ditunjukkan anak, kemudian di asah dengan memperbanyak aktivitas terkait tanpa dipaksakan agar potensinya keluar," katanya.

Nyi Mas Diane Wulansari yang menjadi narasumber memberikan pesan kepada para peserta webinar untuk melakukan yang terbaik untuk putra putri mereka sehingga dapat membentuk generasi perubahan yang berkarakter, berjiwa patriot, kreatif, mandiri, tangguh dan unggul sehingga dapat membangun Indonesia yang lebih cemerlang.

"Jangan pernah habiskan dengan menjalani hidup orang lain, jadilah diri sendiri dengan versi terbaik kita untuk mewujudkan versi terbaik anak-anak kita," ujarnya.

Ummi Kultsum yang menjadi moderator menutup acara dengan menyampaikan kepada peserta bahwa anak tidak membutuhkan orang tua yang sempurna, melainkan membutuhkan orang tua yang terbuka pada kemampuan dan kekuatan yang dimiliki. Fokus pada kekuatan, bukan kekurangan.

Mari wujudkan keluarga sadar bakat dengan meyakini setiap orang spesial, tidak ada ciptaan Allah yg gagal, fokus pada kekuatan, dan kuatkan 4E enjoy, easy, excellent, and earn," pesannya.

Sekjen Aktivis Pendidik Masyarakat Indonesia Solehudin memberikan apresiasi kepada para peserta webinar yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat terutama dalam menggali bakat dan potensi anak."

FOLLOW US