• Nasional

Biden Pilih Duta Besar untuk Israel, Meksiko, dan NATO

Asrul | Rabu, 16/06/2021 09:35 WIB
Biden Pilih Duta Besar untuk Israel, Meksiko, dan NATO Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara tentang janji pemerintahannya untuk menyumbangkan 500 juta dosis vaksin virus corona Pfizer (PFE.N) ke negara-negara termiskin di dunia, selama kunjungan ke St Ives di Cornwall, Inggris, pada 10 Juni 2021. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Washington, beritakaltara.com - Presiden Joe Biden pada Selasa mengumumkan calonnya untuk menjadi duta besar untuk Israel, Meksiko dan NATO, saat ia bergerak untuk memperkuat aliansi AS di wilayah yang sulit.

Di antara deretan nama yang diumumkan oleh Gedung Putih pada Selasa adalah Thomas Nides, wakil ketua Morgan Stanley yang menjabat sebagai wakil menteri luar negeri di bawah mantan presiden Barack Obama, untuk menjabat sebagai duta besar untuk Israel.

Sekutu dekat AS menyambut pemerintahan baru setelah parlemen Israel mengakhiri 12 tahun pemerintahan Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri pada Minggu.

Biden juga memilih Ken Salazar, mantan senator AS dari Colorado dan menteri dalam negeri, sebagai duta besarnya untuk Meksiko. Negara ini adalah salah satu mitra dagang terbesar AS dan pemerintahan Biden bekerja untuk mengelola imigrasi melintasi perbatasan AS-Meksiko.

Dia juga memilih pakar keamanan Julianne Smith untuk mewakili Amerika Serikat di Dewan Pakta Pertahanan Atlantik Utara, benteng kunci Barat melawan Rusia.

Biden dan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin akan bertemu di Jenewa pada hari Rabu di saat ketegangan meningkat antara kedua kekuatan.

Gedung Putih juga mengatakan Biden memilih C.B. "Sully" Sullenberger untuk menjadi duta besar dan menjadi perwakilan AS di Dewan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Sullenberger menjadi terkenal pada tahun 2009 setelah meluncur Airbus A320-nya ke pendaratan yang aman di Sungai Hudson setelah menabrak sekawanan angsa tak lama setelah lepas landas, dalam apa yang dikenal sebagai "Miracle on the Hudson."

Dia juga bergabung dengan Biden di jalur kampanye ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden.

Biden juga menyebutkan pilihan duta besarnya untuk Sri Lanka, Gambia, Guinea, Paraguay, dan Kosta Rika. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US