• Gaya Hidup

Konsultasi Saat Isoman, Gunakan 11 Telemedicine Gratis Ini

Asrul | Senin, 05/07/2021 11:45 WIB
Konsultasi Saat Isoman, Gunakan 11 Telemedicine Gratis Ini Ilustrasi

Beritakaltara.com - Pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) bisa berkonsultasi medis melalui aplikasi telemedicine. Pemerintah menyediakan 11 jasa telemedicine swasta yang bisa diakses secara gratis.

"Ada 11 aplikasi telemedicine. Mereka bekerja untuk mengurangi tekanan di rumah sakit. Jadi, rumah sakit hanya untuk yang membutuhkan. Yang lain cukup isolasi mandiri," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Senin (4/7/2021).

Luhut mengatakan layanan tersebut bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter agar memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah.

Pemerintah mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam layanan telemedicine secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam acara yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan sejumlah kriteria bagi pasien bergejala ringan yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Lihat saturasi oksigennya apakah masih 95 ke atas dan tidak sesak serta komorbid, lebih baik isolasi mandiri di rumah," katanya.

Pasien COVID-19 dengan gejala ringan, diarahkan untuk isolasi mandiri agar terhindar dari risiko penularan virus yang cenderung lebih tinggi di rumah sakit. Selain itu, secara emosional pasien bisa lebih tenang di rumah sehingga imunitas lebih terjaga.

Berikut jasa telemedicine yang dapat diakses pasien isolasi mandiri secara gratis:

1. Alodokter

2. Getwell

3. Good Doctor

4. Halodoc

5. Klik Dokter

6. KlinikGo

7. Link Sehat

8. Milvik Dokter

9. ProSehat

10. SehatQ

11. YesDok

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US