• Nasional

Luar Biasa, Miliarder Dunia Richard Branson Terbang ke Luar Angkasa

Asrul | Senin, 12/07/2021 08:25 WIB
Luar Biasa, Miliarder Dunia Richard Branson Terbang ke Luar Angkasa Pesawat roket yang membawa pendiri Virgin Galactic Richard Branson dan awak lainnya lepas landas dari Spaceport America dekat Truth or Consequences, New Mexico, pada 11 Juli 2021. (Foto: AP/Andres Leighton)

New Mexico, beritakaltara.com - Miliarder pemberani, Richard Branson meluncur ke luar angkasa dengan kapal roket bersayapnya sendiri pada Minggu (11/7), membawa astro-wisata selangkah lebih dekat ke kenyataan dan mengalahkan saingannya, Jeff Bezos.

Branson yang berusia hampir 71 tahun dan lima awak dari perusahaan pariwisata luar angkasa Virgin Galactic-nya mencapai ketinggian 86 km di atas gurun New Mexico, cukup untuk mengalami tiga hingga empat menit tanpa bobot dan menyaksikan lengkungan Bumi dan kemudian meluncur pulang ke landasan pacu.

"Secara umum, itu adalah sebuah keajaiban," kata Branson yang gembira saat kembali ke pesawat ruang angkasa putih berkilau, bernama Unity.

Penerbangan singkat, naik-turun - porsi pesawat luar angkasa hanya memakan waktu sekitar 15 menit, atau sekitar selama penerbangan luar angkasa AS pertama Alan Shepard pada tahun 1961 - adalah steker komersial yang heboh dan tanpa malu-malu untuk Virgin Galactic, yang berencana mulai membayar pelanggan di joyrides tahun depan.

Branson menjadi orang pertama yang meluncur di pesawat ruang angkasanya sendiri, mengalahkan Bezos, orang terkaya di planet ini, sembilan hari. Dia juga menjadi septuagenarian kedua yang pergi ke luar angkasa. Astronot John Glenn terbang dengan pesawat ulang-alik pada usia 77 tahun pada tahun 1998.

Bezos mengirimkan ucapan selamatnya, menambahkan: "Tidak sabar untuk bergabung dengan klub!" - meskipun dia juga menggunakan Twitter beberapa hari sebelumnya untuk menyebutkan cara-cara yang diyakini bahwa perjalanan wisata perusahaannya akan lebih baik.

Dengan sekitar 500 orang menonton, termasuk keluarga Branson, Unity dibawa tinggi-tinggi di bawah pesawat berbadan kembar. Kemudian, pada ketinggian sekitar 13 km, Unity melepaskan diri dari kapal induk dan menembakkan mesinnya, mencapai lebih dari 3 Mach, atau tiga kali kecepatan suara, saat menembus batas angkasa.

Penonton bersorak, melompat ke udara dan berpelukan saat pesawat roket mendarat di Bumi. Branson mengepalkan tinjunya saat dia melangkah keluar ke landasan pacu dan berlari ke arah keluarganya, memeluk beruang dengan istri dan anak-anaknya dan meraih cucu-cucunya dalam pelukannya.

Mike Moses, seorang eksekutif puncak di Virgin Galactic, mengatakan bahwa terlepas dari beberapa masalah dengan transmisi gambar video dari dalam kabin, penerbangan itu sempurna, dan kapal tampak murni.

"Itu adalah pencapaian yang luar biasa," kata mantan astronot Kanada Chris Hadfield, yang pernah menjadi komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional, mengatakan dari sela-sela.

"Saya sangat senang dengan apa yang akan dibawa oleh pintu terbuka ini sekarang. Ini momen yang hebat," sambungnya.

FOLLOW US