• Nasional

Khusus Penderita Diabetes, Ilmuwan Australia Kembangkan Tes Gula Darah Bebas Rasa Sakit

Asrul | Selasa, 13/07/2021 09:10 WIB
Khusus Penderita Diabetes, Ilmuwan Australia Kembangkan Tes Gula Darah Bebas Rasa Sakit Strip tes air liur non-invasif yang dapat dicetak untuk penderita diabetes terlihat di University of Newcastle di Australia, dalam gambar ini diperoleh pada 12 Juli 2021. (Foto: Courtesy of University of Newcastle/Handout via Reuters)

Sydney, beritakaltara.com - Ilmuwan Australia mengatakan telah mengembangkan "cawan suci (holy grail)" pengujian gula darah untuk penderita diabetes, strip non-invasif yang memeriksa kadar glukosa melalui air liur.

Untuk penderita diabetes, mengelola kadar gula darah mereka biasanya menusuk jari mereka beberapa kali sehari dengan lanset dan kemudian menempatkan setetes darah pada strip tes. Maklum, beberapa penderita diabetes menghindari proses yang menyakitkan dengan meminimalkan tes mereka.

Namun, tes terbaru ini bekerja dengan menyematkan enzim yang mendeteksi glukosa ke dalam transistor yang kemudian dapat mengirimkan keberadaan glukosa, menurut Paul Dastoor, Profesor Fisika di University of Newcastle di Australia, yang memimpin tim yang menciptakannya.

Karena bahan elektronik dalam transistor adalah tinta, pengujian dapat dilakukan melalui pencetakan dengan biaya rendah. "Cawan suci pengujian glukosa telah menjadi sesuatu yang non-invasif," kata Dastoor.

"(Tes ini) benar-benar membuka prospek pengujian glukosa bebas rasa sakit, biaya rendah dan mudah-mudahan hasil yang jauh lebih baik untuk penderita diabetes," katanya.

Tes baru, kata Dastoor, diciptakan secara kebetulan ketika para ilmuwan sedang mengerjakan sel surya.

Proyek ini mendapatkan dana sebesar A$6,3 juta (US$4,7 juta) dari pemerintah Australia untuk mendirikan fasilitas untuk memproduksi alat uji jika uji klinis lulus.

Dastoor mengatakan teknologi itu juga dapat ditransfer ke pengujian COVID-19 dan pengujian alergen, hormon, dan kanker.

Universitas sudah bekerja dengan Universitas Harvard dalam tes COVID-19 menggunakan teknologi yang sama, tetapi implikasi untuk pengujian lain yang membuat fisikawan bersemangat tentang potensi sensor.

"Saya pikir ini akan secara radikal mengubah cara kita berpikir tentang perangkat medis dan khususnya sensor karena kita dapat mencetaknya dengan biaya yang sangat rendah," kata Dastoor. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US