• Nasional

Penyakit Anak Meningkat di Tengah Pandemi COVID-19

Asrul | Kamis, 15/07/2021 08:17 WIB
Penyakit Anak Meningkat di Tengah Pandemi COVID-19 Aksi bantuan sosial untuk anak-anak. (Foto: Jurnas/Ilustrasi Ist).

Jenewa, beritakaltara.com - Hampir 23 juta anak melewatkan vaksinasi rutin tahun lalu karena pandemi COVID-19, jumlah tertinggi dalam lebih dari satu dekade, yang memicu wabah campak, polio, dan penyakit lain yang dapat dicegah. Demikian kata badan-badan PBB, Kamis (15/8).

Campak, salah satu penyakit paling menular di dunia, dapat berakibat fatal bagi anak-anak di bawah usia lima tahun, terutama di negara-negara Afrika dan Asia dengan sistem kesehatan yang lemah, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Polio dapat melumpuhkan anak seumur hidup.

"Kesenjangan dalam cakupan vaksinasi global telah menciptakan `badai sempurna`, membuat lebih banyak anak rentan terhadap patogen menular seperti banyak negara yang melonggarkan pembatasan COVID-19," kata WHO dan Dana Anak-anak PBB dalam sebuah laporan tahunan.

Sepuluh negara, dipimpin oleh India dan Nigeria, merupakan bagian terbesar dari 22,7 juta anak yang tidak divaksinasi atau kurang divaksinasi terhadap difteri, tetanus, dan pertusis (DTP) pada tahun 2020 - 3,7 juta lebih banyak dari pada tahun 2019 dan terbesar sejak 2009, itu mengatakan tentang indikator kunci dari tingkat vaksinasi anak.

"Wabah campak yang besar dan mengganggu telah dicatat di titik-titik panas termasuk Afghanistan, Mali, Somalia dan Yaman, tambah laporan itu.

Kesenjangan dalam cakupan vaksinasi global telah menciptakan "badai sempurna", membuat lebih banyak anak rentan terhadap patogen menular seperti banyak negara yang melonggarkan pembatasan COVID-19, kata WHO dan Dana Anak-anak PBB dalam sebuah laporan tahunan.

Sepuluh negara, dipimpin oleh India dan Nigeria, merupakan bagian terbesar dari 22,7 juta anak yang tidak divaksinasi atau kurang divaksinasi terhadap difteri, tetanus, dan pertusis (DTP) pada tahun 2020 - 3,7 juta lebih banyak dari pada tahun 2019 dan terbesar sejak 2009, itu mengatakan tentang indikator kunci dari tingkat vaksinasi anak.

Wabah campak yang "besar dan mengganggu" telah dicatat di titik-titik panas termasuk Afghanistan, Mali, Somalia dan Yaman, tambah laporan itu.

Sekitar 22,3 juta anak melewatkan dosis pertama vaksin campak tahun lalu - meskipun mungkin ada tumpang tindih substansial dengan mereka yang tidak memiliki cakupan DTP - untuk cakupan terendah terhadap penyakit pembunuh sejak 2010, katanya.

"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan kemunduran besar pada vaksinasi anak, membawa kita kembali lebih dari satu dekade," Kate O`Brien, direktur imunisasi WHO, mengatakan pada konferensi pers.

Ada "peningkatan yang mengkhawatirkan" pada anak-anak "dosis nol" - mereka yang tidak mendapatkan vaksinasi apa pun - yang meningkat menjadi 17,1 juta tahun lalu dari 13,6 juta, kata Ephrem Lemango, kepala imunisasi UNICEF. Banyak yang tinggal di negara yang dilanda perang atau daerah kumuh, katanya.

Enam puluh enam negara menunda setidaknya satu kampanye imunisasi terhadap penyakit yang dapat dicegah, meskipun beberapa termasuk Meksiko telah memulai program mengejar, kata laporan itu.

"Pada tahun 2021, kita memiliki potensi badai sempurna yang akan terjadi dan kita tidak ingin badai yang sempurna itu membunyikan bel alarm. Kita membunyikannya sekarang," kata O`Brien.

WHO telah mendesak negara-negara untuk tidak mencabut langkah-langkah kesehatan masyarakat dan jarak sosial sebelum waktunya ketika mereka mulai muncul dari pandemi, katanya.

"Tetapi jika itu terjadi - dan seperti yang terjadi - kita akan melihat semakin banyak penularan patogen yang sebenarnya merupakan patogen yang dapat dicegah dengan vaksin," sambungnya. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US