• Nasional

CPSC Amerika Serikat Minta Amazon Paksa Pengecer Tarik Ratusan Produk Berbahaya

Asrul | Kamis, 15/07/2021 09:12 WIB
CPSC Amerika Serikat Minta Amazon Paksa Pengecer Tarik Ratusan Produk Berbahaya Kotak Amazon terlihat ditumpuk untuk pengiriman di wilayah Manhattan, New York City, 29 Januari 2016. (Mike Segar/Reuters)

Washington, beritakaltara.com - Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC), Amerika Serikat (AS) mengatakan menuntut Amazon.com untuk memaksa pengecer untuk menarik ratusan ribu produk berbahaya yang telah didistribusikan di platformnya.

Dengan suara 3-1, CPSC memilih mengajukan keluhan administratif yang mengatakan, raksasa e-commerce yang berbasis di Seattle bertanggung jawab secara hukum untuk menarik kembali produk-produk tersebut karena menimbulkan risiko cedera atau kematian serius bagi konsumen.

CPSC menjelaskan, produk tersebut termasuk 24.000 detektor karbon monoksida yang gagal padam, hampir 400.000 pengering rambut yang tidak memiliki perlindungan yang diperlukan terhadap sengatan listrik dan sengatan listrik, dan banyak pakaian tidur anak-anak yang dapat terbakar.

"Kita harus bergulat dengan bagaimana menangani platform pihak ketiga yang besar ini secara lebih efisien, dan cara terbaik untuk melindungi konsumen Amerika yang mengandalkan mereka," kata Penjabat Ketua CPSC Robert Adler.

Regulator menambahkan bahwa Amazon telah mengambil tindakan yang tidak ditentukan untuk beberapa produk, tetapi itu tidak cukup.

Amazon mengatakan dalam sebuah pernyataan, tidak jelas mengapa CPSC menolak tawarannya untuk memperluas program penarikannya, termasuk untuk produk yang dijual pihak ketiga, atau dituntut untuk memaksa tindakan "hampir seluruhnya duplikat" dari apa yang telah diambil.

Perusahaan mengatakan telah menghapus "sebagian besar" produk yang dipermasalahkan dari tokonya dan memberikan pengembalian uang penuh kepada pelanggan. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US