• Nasional

Afsel Bakal Terjunkan 25 Ribu Tentara untuk Atasi Meluasnya Penjarahan

Asrul | Kamis, 15/07/2021 17:21 WIB
Afsel Bakal Terjunkan 25 Ribu Tentara untuk Atasi Meluasnya Penjarahan Tentara menangkap pelaku penjarahan di Afrika Selatan (Foto BBC)

Cape Town, beritakaltara.com - Pemerintah Afrika Selatan berencana mengerahkan 25.000 tentara, setelah aski penjarahan dan kekerasan selama beberapa hari terakhir makin meluas.

Sekitar 72 orang tewas dan lebih dari 1.700 lainnya ditangkap sejak pemenjaraan mantan presiden Jacob Zuma, kondisi yang memicu kerusuhan terburuk di negara itu selama bertahun-tahun.

Dikutip dari BBC pada Kamis (15/7), ratusan toko dan bisnis telah dijarah dan pemerintah mengatakan mereka bertindak untuk mencegah kekurangan makanan.

Warga mempersenjatai diri dan membentuk kelompok main hakim sendiri, untuk melindungi properti mereka dari amukan massa.

Sekitar 208 insiden penjarahan dan perusakan tercatat pada Rabu (14/7), menurut keterangan pemerintah, dengan jumlah tentara yang dikerahkan dua kali lipat menjadi 5.000.

Namun Menteri Pertahanan Nosiviwe Mapisa-Nqakula memastikan telah mengajukan permintaan untuk pengerahan 25.000 tentara, ke dua provinsi yang dilanda kekerasan yakni KwaZulu-Natal di mana Durban berada, dan Gauteng yang mencakup Johannesburg.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US