• Nasional

Popularitas PM Australia Scott Morrison Menurun Akibat Pandemi Covid-19

Asrul | Senin, 19/07/2021 08:06 WIB
Popularitas PM Australia Scott Morrison Menurun Akibat Pandemi Covid-19 Perdana Menteri Australia Scott Morrison (Foto: Phil Noble/Reuters)

Sydney, beritakaltara.com - Peringkat persetujuan Perdana Menteri Australia Scott Morrison turun ke level terendah dalam lebih dari setahun, menurut jajak pendapat yang diterbitkan pada Senin (19/7), ketika peluncuran vaksin COVID-19 yang lamban merusak kepercayaan pemilih terhadap pemerintahan konservatifnya.

Sebuah Newspoll yang dilakukan untuk surat kabar The Australian menunjukkan dukungan publik Morrison turun dua poin menjadi 51 persen selama tiga minggu terakhir, level terendah sejak ia menghadapi kritik awal tahun lalu atas tanggapannya terhadap kebakaran hutan yang menghancurkan.

Morrison mendapat tekanan yang meningkat ketika peluncuran vaksin nasional yang lambat membuat Australia terpapar gelombang baru pandemi COVID-19 yang mematikan.

Sydney dan Melbourne, dua kota terbesar di negara itu, dikunci dalam upaya untuk membendung wabah varian Delta yang bergerak cepat.

Pemerintah koalisi Partai Liberal-Nasional Morrison juga merosot ke posisi elektoral terendahnya musim ini, Newspoll menunjukkan, membuntuti oposisi Partai Buruh 47-53 dengan basis pilihan dua partai.

Jika hasil jajak pendapat direplikasi pada pemilihan, pemerintah konservatif akan menderita "kekalahan yang signifikan" melawan Partai Buruh kiri-tengah, The Australian melaporkan.

Setelah pemilihan umum 2019 memberi koalisi mayoritas tipis, popularitas Morrison awalnya melonjak selama krisis COVID-19 karena langkah-langkah termasuk menutup perbatasan internasional, jarak sosial, dan pelacakan kontak yang cepat membuat paparan keseluruhan Australia relatif rendah. Negara ini telah mencatat lebih dari 31.900 kasus dan 914 kematian.

Tetapi penundaan dengan peluncuran vaksin - hanya 13 persen dari populasi orang dewasa di negara itu sekitar 20 juta yang divaksinasi sepenuhnya - telah membuat para pemilih frustrasi.

Penanganan pandemi Morrison turun sembilan poin dalam tiga minggu terakhir menjadi 52 persen, menurut Newspoll, jauh di bawah peringkat 85 persen pada puncak pandemi sebelumnya pada April tahun lalu. Keyakinan dalam peluncuran vaksin merosot hingga 40 persen.

Morrison menyarankan perubahan saran medis untuk vaksin andalan negara AstraZeneca dan kendala pasokan untuk vaksin Pfizer yang harus disalahkan.

Newspoll didasarkan pada survei terhadap lebih dari 1.500 pemilih di wilayah metropolitan dan regional dari Rabu hingga Sabtu. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US