• Nasional

India Bantah Isu Jutaan Orang Minggal karena COVID-19

Asrul | Jum'at, 23/07/2021 09:05 WIB
India Bantah Isu Jutaan Orang Minggal karena COVID-19 Mayat korban COVID-19 terlihat di kuburan dangkal yang terkubur di pasir dekat tempat kremasi di tepi Sungai Gangga di Prayagraj, India, Sabtu, 15 Mei 2021. (Foto AP / Rajesh Kumar Singh)

New Delhi, beritakaltara.com - Pemerintah India pada Kamis (22/7) menolak studi terbaru yang menunjukkan bahwa jutaan orang telah meninggal di negara itu akibat COVID-19, beberapa kali lipat dari jumlah resmi hampir 420.000.

Namun dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa negara bagian India sekarang "mendamaikan" data mereka setelah berurusan dengan lonjakan kasus pada bulan April dan Mei.

Pada Selasa, sebuah studi oleh kelompok riset Amerika Serikat (AS), Pusat Pengembangan Global, menunjukkan bahwa antara 3,4 juta hingga 4,7 juta orang telah meninggal di India, antara delapan dan 11 kali jumlah resmi.

Itu akan memberi negara itu jumlah kematian tertinggi di dunia. Saat ini jumlah korban resmi 419.000 mengikuti Amerika Serikat pada 610.000 dan Brasil dengan 545.000.

Studi ini adalah yang terbaru untuk meragukan angka resmi India, menunjukkan pencatatan yang buruk dan tingkat kematian per juta sekitar setengah dari rata-rata global.

Para peneliti telah melihat secara khusus pada "kelebihan kematian", jumlah kematian tambahan dibandingkan dengan waktu normal, dan pada tingkat kematian di negara lain.

Tetapi pemerintah India mengatakan pada hari Kamis bahwa itu adalah asumsi yang berani bahwa kemungkinan setiap orang yang terinfeksi meninggal adalah sama di seluruh negara.

Studi tersebut, katanya, mengabaikan faktor-faktor seperti ras, etnis, konstitusi genomik suatu populasi, tingkat paparan sebelumnya terhadap penyakit lain dan kekebalan terkait yang dikembangkan pada populasi itu.

Dengan asumsi bahwa semua kelebihan kematian berasal dari virus corona "tidak berdasarkan fakta dan sepenuhnya keliru", kata pemerintah.

Dia menambahkan bahwa India memiliki strategi pelacakan kontak menyeluruh, ketersediaan luas laboratorium pengujian dan bahwa sementara beberapa kasus mungkin tidak terdeteksi, kehilangan kematian tidak mungkin.

Namun pernyataan itu meninggalkan beberapa ruang untuk disalahkan terhadap otoritas lokal, dengan mengatakan kementerian kesehatan hanya mengumpulkan dan menerbitkan data yang dikirim pemerintah negara bagian dan berulang kali menasihati negara bagian tentang pencatatan kematian dengan benar.

Negara-negara yang kewalahan oleh lonjakan pada bulan April dan Mei sekarang telah disarankan untuk melakukan audit menyeluruh yang bisa saja terlewatkan, dan beberapa dalam beberapa pekan terakhir memperbarui angka mereka, katanya.

Maharashtra, negara bagian yang paling parah dilanda India, telah meningkatkan jumlah kematiannya sekitar 15.000 sementara Bihar menambahkan sekitar 4.000 dan Madhya Pradesh 1.500. (AFP)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US