• Nasional

Pantai Timur Australia Tempur Hadapi Peningkatan Kasus Varian Delta

Asrul | Minggu, 01/08/2021 16:50 WIB
Pantai Timur Australia Tempur Hadapi Peningkatan Kasus Varian Delta Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

Melbourne, Beritakaltara.com - Negara bagian pantai timur Australia, New South Wales dan Queensland menghadapi pertempuran yang meningkat melawan varian Delta COVID-19 pada Minggu (1/8), dengan jutaan orang di bawah penguncian ketat dan pihak berwenang mendesak lebih banyak pengujian dan vaksinasi untuk mengendalikan wabah.

Sydney dan sekitarnya, di bawah perintah tinggal di rumah selama lima minggu, melaporkan 239 kasus baru yang didapat secara lokal dari strain Delta yang sangat menular, cocok dengan rekor jumlah harian dalam wabah saat ini yang dilaporkan pada hari Kamis.

Lima juta penduduk kota dan mereka yang berada di pusat-pusat regional tetangga yang membentang sepanjang 200 km dari garis pantai harus tinggal di rumah setidaknya sampai 28 Agustus.

Jumlah total kasus dalam wabah, yang dimulai pada pertengahan Juni, telah mencapai 3.427. "Saya pikir yang penting untuk diketahui adalah bahwa tidak ada peta jalan untuk varian Delta," kata Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian.

"Tantangan bagi kami adalah mendapatkan sebanyak mungkin orang yang divaksinasi pada bulan Agustus sehingga pada saat 28 Agustus tiba, kami memiliki pilihan tentang bagaimana kami dapat mengurangi pembatasan."

Upaya vaksinasi Australia lamban, dengan hanya 18 persen orang dewasa yang divaksinasi lengkap sejauh ini. Brad Hazzard, menteri kesehatan NSW, mengatakan bahwa 70 persen dari populasi negara bagian itu dapat divaksinasi penuh dalam waktu sekitar empat bulan.

Di negara tetangga Queensland, ada sembilan kasus baru COVID-19 yang didapat secara lokal, lonjakan harian terbesar dalam hampir setahun. Lebih dari 3 juta penduduk dimasukkan ke dalam penguncian cepat tiga hari pada hari Sabtu.

"Sangat penting (untuk dites), siapa pun dengan gejala apa pun, tidak masalah di mana Anda berada, karena saya tidak tahu di mana virus ini saat ini," kata kepala petugas kesehatan Queensland Jeannette Young.

Australia telah berhasil mengendalikan epidemi sebagian besar dengan total lebih dari 34.000 kasus dan 924 kematian. Tetapi upaya vaksinasi yang lambat berarti bahwa mungkin perlu berbulan-bulan sebelum perbatasan negara dibuka kembali. (Reuters)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US