• Nasional

Serukan Lockdown yang Diberlakukan Militer, Begini Paparan Menkes Iran!

Asrul | Senin, 02/08/2021 09:15 WIB
Serukan Lockdown yang Diberlakukan Militer, Begini Paparan Menkes Iran! Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Teheran, Beritakaltara.com – Menteri Kesehatan Iran, Saeed Namaki menyerukan dua minggu penguncian yang diberlakukan oleh angkatan bersenjata dan penegak hukum untuk mengekang peningkatan cepat kasus COVID-19 yang mengkhawatirkan di seluruh negeri.

Namaki, yang kemungkinan akan diganti setelah Ebrahim Raisi dilantik sebagai presiden berikutnya pada Kamis, membuat permintaan tersebut dalam sebuah surat kepada Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei yang juga dipublikasikan secara luas oleh media Iran pada Minggu (1/8).

"Tekanannya sangat tinggi sehingga saya khawatir bahkan rencana ini tidak akan cukup, kecuali kita mengurangi beban eksponensial penyakit melalui tindakan pencegahan cepat dan meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan," tulisnya.

Dia mengatakan, gelombang kelima infeksi COVID kali ini didominasi oleh varian Delta yang ganas, bisa menjadi lebih bencana dan tidak dapat diubah jika tidak ada yang dilakukan karena bahkan jika negara itu tidak kehabisan tempat tidur rumah sakit, namun akan kehabisan pekerja.

"Meskipun mereka divaksinasi, rekan kerja saya semua jatuh sakit karena lama tidak bisa tidur dan stres," katanya, juga memperingatkan bahwa sistem kesehatan negara itu bisa runtuh.

Kepala 65 universitas dan fakultas kedokteran di seluruh negeri juga menyerukan penguncian dalam sepucuk surat kepada Presiden Hassan Rouhani yang akan keluar pekan lalu.

Lebih dari 3,9 juta kasus COVID-19 telah terdaftar di Iran sejak Februari 2020 dan lebih dari 91.000 orang telah kehilangan nyawa mereka dalam apa yang telah lama menjadi pandemi paling mematikan di Timur Tengah.

Kementerian kesehatan mengatakan 366 lebih banyak orang Iran meninggal pada hari Minggu sementara jumlahnya menunjukkan kematian akibat virus telah melonjak 38 persen dibandingkan dengan seminggu sebelumnya.

Lebih dari 32.500 kasus yang baru ditemukan yang diumumkan pada Minggu berada di antara beberapa yang tertinggi di dunia, dan juga menunjukkan peningkatan 32 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Iran telah menerapkan banyak penguncian dan penutupan sementara di seluruh negeri sejak pandemi dimulai, tetapi sebagian besar telah diberlakukan secara longgar.

Pemerintah menempatkan ibu kota Teheran dan negara tetangga Alborz di bawah penguncian total selama enam hari pada akhir Juli, tetapi sebagian besar dianggap tidak ada gunanya karena hampir tidak ada bisnis yang ditutup dan pembatasan perjalanan dilanggar di tengah penegakan protokol yang rendah.

Situasinya menjadi jauh lebih buruk sejak itu, tetapi pejabat kesehatan telah memperingatkan bahwa gelombang infeksi kelima belum mencapai puncaknya.

Alireza Raisi, juru bicara satuan tugas anti-coronavirus nasional, mengatakan pada Sabtu bahwa 29 dari 31 provinsi Iran sekarang dalam pergolakan varian Delta dan tempat tidur rumah sakit dengan cepat diisi.

Ratusan kota di seluruh negeri sekarang diklasifikasikan "merah" dalam skala kode warna yang menunjukkan tingkat keparahan wabah.

Juru bicara gugus tugas Raisi juga mengatakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang mengharuskan penggunaan masker wajah dan menjaga jarak fisik telah turun menjadi di bawah 40 persen di seluruh negeri sementara di atas 70 persen kurang dari dua bulan lalu.

Terlepas dari kesulitan lain, menerapkan penguncian paksa dua minggu di seluruh negeri pasti akan terbukti menantang bagi otoritas Iran karena orang dan bisnis berada di bawah tekanan ekonomi yang sangat besar karena sanksi Amerika Serikat dan salah urus selama beberapa dekade.

Dalam ekonomi yang ditandai dengan inflasi lebih dari 40 persen dan pengangguran yang tinggi, banyak yang tidak dapat menutup toko. Tetapi permintaan terakhir untuk penguncian ketat juga bertentangan dengan retorika menteri kesehatan sebelumnya.

Namaki, yang sering memuji pemimpin tertinggi atas bimbingannya selama pandemi, pekan lalu mengulangi klaimnya bahwa dunia saat ini kagum dengan bagaimana kita berhasil mengatasi penyakit dengan bantuan Tuhan, dan memproduksi obat-obatan, peralatan dan vaksin. (Aljazeera)

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US