• Nasional

Kementan akan Kukuhkan 2000 Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan

Asrul | Rabu, 04/08/2021 11:07 WIB
Kementan akan Kukuhkan 2000 Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi saat berbincang dengan petani bawang. (Foto: Ist)

Jakarta, Beritakaltara.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengukuhkan 2000 duta petani milenial dan duta petani andalan tahun 2021.

Dua ribu duta petani milenial dan duta petani andalan tersebut akan dikukuhkan langsung oleh Presiden Jokow Widodo (Jokowi) pada Jumat 6 Agustus 2021 secara virtual.

"Sekali lagi kita sudah seleksi 2000 duta petani milenial dan duta petani andalan yang akan dikukuhkan oleh Bapak Presiden pada tanggal 1 Agustus 2021," kata kepada BPPSDMP, Dedi Nursyamsi pada acara press conference kegiatan "Pelatihan Petani dan Penyuluh serta Pengukuhan 2000 Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan Tahun 2021", Rabu (4/8).

Dedi megatakan, setelah duta petani milenial dan duta petani andalan dikukuhkan mereka kemudian akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan pertanian.

"Setelah pelatihan kewirausahaan pertanian, mereka nanti akan mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR). Kalau mereka sudaH dapat KUR berarti mereka sudah siap tempur disamudra perushaan atau samudra pembangunan pertanian kita," kata Dedi.

Dedi mengatakan akan terus mendorong duta petani milenial dan duta petani andalan untuk mengambil KUR, yang hingga saat ini baru terserap setengah dari total Rp70 triliun yang dianggarkan ke Kementan

"KUR itu bunganya hanya 6 persen bandingkan dengan kredit komersial yang bunganya 12 hingga 13 persen. Saya berharap petani dan seluruh praktisi pertanian, wabilkhusus petani milenial untuk memanfaatkan KUR," imbuh Dedi.

Dedi juga barharap duta petani milenial dan duta petani andalan dapat menjadi champion atau menjadi pelopor di daerahnya masing-masing. Mereka harus melakukan resonasi kepada para petani meilenial yang ada di sekitarnya.

"Kita berharap setiap kabupaten terbentuk 200 petani milenial yang baru. Sekali dalam wakte yang sesingkat-singkatnya saya berharap mereka semua merekrut 200 petani melenial baru yang ada di sekitarnya," kata Dedi

Jadi misalnya kalau sekarang suda ada 2000, berarti dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka membengkak menjadi berarti 4000 ribu petani milenial. Terus mereka melakukan aktivasi sehingga taget di dalam lima tahun 2,5 juta petani milenial bisa betul terpenuhi," sambung dia.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US