• Sport

Demi Amankan Messi, La Liga Beri Utang Barcelona

Asrul | Kamis, 05/08/2021 03:10 WIB
Demi Amankan Messi, La Liga Beri Utang Barcelona Lionel Messi (Foto: Soccerway)

Madrid, Beritakaltara.com - La Liga baru saja mendapatkan pinjaman luar biasa sebesar € 2,7 atau US$3,2 miliar, setelah CVC Capital Partners berinvestasi dengan imbalan 10 persen saham La Liga.

Dari pinjaman tersebut, sebagian besar akan didistribusikan kepada klub-klub La Liga. Menurut laporan Goal pada Kamis (5/8), Real Madrid dan Barcelona masing-masing akan mendapatkan US$331 juta.

"90 persen dari €2,7 miliar akan jatuh ke klub dalam bentuk pinjaman lunak 40 tahun," kata pakar keuangan sepak bola, Marc Ciria.

Selain itu, Ciria menyebut "70 persen dari uang itu akan digunakan untuk investasi infrastruktur, 15 persen untuk membiayai kembali utang, dan 15 persen untuk memperpanjang batas gaji."

Dan Ciria yakin suntikan dana baru ini akan menjadi senjata untuk mencegah digulirkannya Liga Super Eropa.

"(Presiden Javier Tebas) cerdas, dia mencari cara untuk meningkatkan pendapatan ekonomi yang penting bagi klub-klub besar. Mereka sekarang memiliki lebih sedikit insentif untuk meluncurkan Liga Super Eropa," kata Ciria.

"Kesepakatan ini jelas terkait dengan keinginan untuk menyuntikkan uang ke klub untuk meningkatkan keseimbangan kompetitif La Liga dan lebih dekat ke Liga Premier."

Barcelona akan menerima sekitar €280 juta euro, di mana sekitar €42 juta akan digunakan untuk meningkatkan batas gaji. Suntikan itu akan memungkinkan Barca untuk mendaftarkan empat pemain pada musim panas, dan akhirnya mengonfirmasi kontrak baru dengan Messi.

Sementara itu, Real Madrid akan memungkinkan untuk mendatangkan Kylian Mbappe, yang dalam beberapa bulan terakhir getol diisukan bakal pindah ke Santiago Bernabeu.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US