• Bisnis

Genjot Investasi, Jokowi Targetkan Indonesia Masuk Negara yang Sangat Mudah Berbisnis

Agus Mughni Muttaqin | Senin, 09/08/2021 16:33 WIB
Genjot Investasi, Jokowi Targetkan Indonesia Masuk Negara yang Sangat Mudah Berbisnis Ir. Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI

Jakarta, Beritakaltara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggenjot investasi di Indonesia dengan menargetkan Indonesia dapat masuk kategori negara yang sangat mudah berbisnis dalam indeks kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business/EODB).

"Kita harus mampu meningkatkan lagi, tingkatkan lagi, dari mudah menjadi sangat mudah (berusaha), itu target kita," kata Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko, Senin (9/8/2021).

Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Investasi Indonesia/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

"Dalam laporan Bank Dunia 2020, negara kita masuk peringkat ke-73 dari 190 negara dalam kemudahan berusaha atau `Ease of Doing Business`, itu artinya sudah masuk kategori mudah, tapi kategori itu belum cukup," ungkap Presiden Joko Widodo.

Hasil survei Bank Dunia terhadap 190 negara di dunia, menunjukkan Indonesia berada di peringkat 73 dengan mendapatkan skor 69,2.

Adapun di ASEAN, hanya tiga negara yang masuk dalam peringkat 25 terbesar untuk kemudahan berbisnis yaitu Singapura (86,2), Malaysia (81,5) dan Thailand (80,1).

"Kuncinya ada di reformasi perizinan, perizinan berusaha yang terintegrasi, yang cepat dan yang sederhana menjadi instrumen yang menentukan daya saing kita untuk menarik investasi," tambah Joko Widodo.

FOLLOW US