• Nasional

Drone AS Kembali Hantam Bom Mobil ISIS Menuju Kabul

Asrul | Senin, 30/08/2021 07:35 WIB
Drone AS Kembali Hantam Bom Mobil ISIS Menuju Kabul Penarikan pasukan militer AS di Afghanistan (sumber: financialexpress.com)

Washington, Beritakaltara.com - Serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) menewaskan seorang pembom mobil bunuh diri yang menurut pejabat Pentagon sedang bersiap untuk menyerang bandara Kabul pada Minggu (29/8).

Insiden itu terjadi ketika pasukan AS bekerja untuk menyelesaikan penarikan yang akan mengakhiri dua dekade keterlibatan militer di Afghanistan.

Serangan itu adalah yang kedua oleh militer AS sejak bom bunuh diri ISIS di luar bandara pada Kamis (26/8), yang menewaskan 13 tentara AS dan sejumlah warga sipil Afghanistan yang putus asa untuk melarikan diri dari penguasa baru Taliban di negara itu.

Bandara tersebut telah menjadi tempat pengangkutan udara besar-besaran AS dan pasukan sekutu mengevakuasi warga mereka dan warga Afghanistan yang berisiko yang akan berakhir menjelang tenggat waktu Selasa yang ditetapkan oleh Presiden AS Joe Biden.

Para pejabat mengatakan, serangan itu menargetkan tersangka militan dari ISIS-K, afiliasi lokal ISIS yang merupakan musuh Barat dan gerakan Taliban yang merebut kekuasaan pada 15 Agustus setelah serangan kilat.

Seorang pejabat AS mengatakan, serangan itu dilakukan pesawat tak berawak dan ledakan sekunder menunjukkan target membawa sejumlah besar bahan peledak. Tayangan televisi menunjukkan asap hitam membumbung ke langit.

Para pejabat AS mengatakan sangat prihatin dengan serangan ISIS-K di bandara ketika pasukan AS berangkat, khususnya ancaman dari roket dan bahan peledak yang dibawa kendaraan.

Sebelumnya pada Sabtu (28/8), Biden mengatakan bahwa kepala militernya telah mengatakan kepadanya bahwa serangan militan lain sangat mungkin terjadi.

Serangan pesawat tak berawak itu terjadi saat warga sipil yang tersisa menunggu di Bandara Internasional Hamid Karzai untuk diterbangkan sebelum pasukan terakhir pergi. Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters pada Sabtu, kurang dari 4.000 tentara AS yang tersisa.

Taliban mengatakan telah memulai penyelidikan mereka sendiri terhadap serangan AS dan apakah target itu benar-benar seorang pembom bunuh diri yang mengendarai kendaraan yang sarat dengan bahan peledak.

AS dan sekutunya telah membawa sekitar 114.400 orang, termasuk warga negara asing dan warga Afghanistan yang rentan  keluar dari negara itu dalam dua minggu terakhir, tetapi puluhan ribu orang yang ingin pergi akan tertinggal.

Pengangkutan udara, salah satu operasi evakuasi terbesar yang pernah ada menandai berakhirnya 20 tahun misi Barat di Afghanistan yang dimulai ketika pasukan pimpinan AS menggulingkan pemerintah Taliban yang menyediakan tempat yang aman bagi para pelaku 11 Sep 2001, serangan ke AS.

Babak terakhir terjadi setelah AS dan Taliban membuat kesepakatan tahun lalu untuk menarik pasukan asing. Pemerintah yang didukung Barat dan tentara Afghanistan kemudian mencair ketika pejuang Taliban menyapu seluruh negeri awal bulan ini.

 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US