• Nasional

Ribuan Warga Afghanistan Mulai Cari Alternatif Larikan Diri dari Rezim Taliban

Asrul | Kamis, 09/09/2021 12:24 WIB
Ribuan Warga Afghanistan Mulai Cari Alternatif Larikan Diri dari Rezim Taliban Pejuang Taliban

Paris, Beritakaltara.com -  Ribuan warga Afghanistan yang berharap untuk melarikan diri dari rezim Taliban yang masuk terputus dari bandara Kabul bulan lalu, banyak yang mulai mencari cara alternatif untuk melarikan diri.

Dikutip dari AFP, Kamis (9/9), ratusan orang berani berlari ke bandara di Mazar-i-Sharif, sebuah kota sekitar 300 km ke utara pada rute yang telah diselingi dengan pos pemeriksaan Taliban.

Beberapa berhasil naik pesawat charter yang didanai oleh individu dan bisnis, tetapi banyak lainnya masih menunggu izin.

"Beberapa ratus lagi menunggu di Mazar-i-Sharif," kata Nama Vanier, dari perusahaan pengembangan dan penelitian Sayara, yang telah mendapatkan dana swasta untuk dua jet penumpang Airbus A340 untuk 680 warga Afghanistan.

"Mereka adalah orang-orang dari lembaga bantuan, orang-orang yang bekerja untuk perusahaan asing dan jurnalis - termasuk seorang reporter wanita yang mengalami percobaan pembunuhan," tambahnya.

Vanier, yang berhasil membantu 51 warga Afghanistan dan keluarga mereka naik pesawat dari Kabul, mengatakan perampokan sering datang dari Washington. "Kesan kami, jika ada dukungan kuat dari otoritas Amerika, Taliban akan akomodatif," kata Vanier.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken mengatakan, AS bekerja sepanjang waktu untuk memfasilitasi penerbangan, tetapi memiliki sumber daya di darat yang terbatas. "Kami telah menjelaskan kepada Taliban bahwa piagam ini harus dapat berangkat," katanya, Rabu (8/9).

Dia mengatakan bahwa AS juga menekan Taliban untuk membuka kembali bandara Kabul untuk penerbangan sipil sehingga mereka yang ingin meninggalkan Afghanistan dengan selamat.

Marina LeGree, dari kelompok hak-hak perempuan Ascend Athletics, sedang mencoba untuk mengevakuasi sekelompok perempuan muda Afghanistan dan keluarga mereka. "Tidak ada yang bergerak," katanya. "Kami merasa terjual habis."

Eric Montalvo, seorang mantan tentara AS dan pengacara yang terlibat dalam upaya evakuasi dari Mazar-i-Sharif, menuduh AS gagal memberikan dokumen yang diperlukan bagi warga Afghanistan untuk pergi.

Operasi pengangkutan udara internasional dua minggu yang hiruk pikuk dari Kabul membuat lebih dari 123.000 warga asing dan warga Afghanistan dievakuasi, sebelum tentara AS terakhir terbang menjelang batas waktu 31 Agustus untuk mengakhiri perang 20 tahun mereka.

Farid Ahmadi dijadwalkan terbang pada 26 Agustus, tetapi beberapa jam sebelum penerbangannya, seorang pembom bunuh diri ISIS-Khorasan meledak di luar bandara, menewaskan puluhan orang.

Di tengah malam, Ahmadi mendapat telepon yang menyuruhnya pergi ke Mazar-i-Sharif sebagai gantinya. Dia mengumpulkan rekan-rekannya dan keluarga mereka, dan bersama-sama memadati bus untuk perjalanan sembilan jam.

Tentara Taliban menghentikan bus beberapa kali dalam perjalanannya yang lambat. "Kami memberi tahu mereka bahwa kami akan pergi ke pesta pernikahan," kata Ahmadi. "Semua keluarga takut. Anak-anak tidak berbicara, mereka tidak bermain."

Sesampainya di Mazar-i-Sharif, mereka bersembunyi selama tiga hari. Kemudian, hanya beberapa jam sebelum tentara AS terakhir meninggalkan Afghanistan, kelompok Ahmadi mendapat lampu hijau, dan pesawat mereka lepas landas.

Di balik penerbangan Mazar-i-Sharif terdapat upaya yang luar biasa, terkadang hanya koordinasi segelintir individu yang gigih.

"Kami memiliki teman, mantan kolega, orang-orang yang berisiko, yang meminta bantuan kami - tetapi mereka tidak ada dalam daftar kedutaan besar," kata Clemence Qint dari Magenta, sebuah perusahaan konsultan yang memberikan saran tata kelola.

"Jadi kami mulai mengerjakan evakuasi kami sendiri."

Facebook menyewa satu untuk mengangkut karyawannya, dan yang lainnya membutuhkan bantuan.

"Dalam proses membantu karyawan Facebook dan mitra dekat untuk meninggalkan Afghanistan, kami bergabung dalam upaya membantu sekelompok jurnalis dan keluarga mereka yang berada dalam bahaya besar," kata raksasa media sosial itu dalam sebuah pernyataan.

Meksiko mengatakan akan menyambut 175 warga Afghanistan, termasuk lebih dari 100 dari kelompok komunikasi yang memiliki Tolo News, yang berencana untuk melanjutkan perjalanan ke AS.

"Kami menghabiskan tiga hari untuk saling memberi tahu bahwa penerbangan akan berangkat ... lalu ada hambatan birokrasi, hambatan administrasi, atau karena seseorang tidak mengangkat telepon mereka," kata Qint.

Farid Ahmadi menggambarkan kelegaan ketika roda pesawatnya akhirnya lepas landas dari Mazar-i-Sharif. "Semua orang menangis," katanya. "Tidak ada yang percaya kami telah melakukannya."

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US