• Nasional

Kurang dari Setahun, Korea Utara Gelar Parade Militer Kali Ketiga

Asrul | Kamis, 09/09/2021 12:37 WIB
Kurang dari Setahun, Korea Utara Gelar Parade Militer Kali Ketiga Bendera Korea Utara (Foto: AFP)

Seoul, Beritakaltara.com - Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, Korea Utara tampaknya telah menggelar parade militer di Pyongyang pada Kamis (9/9). Itu merupakan  pertunjukan ketiga negara bersenjata nuklir itu dalam waktu kurang dari setahun.

Pyongyang terus mengejar program senjata nuklir dan rudal balistiknya, yang mendapat sanksi internasional selama keterlibatan diplomatik beberapa tahun terakhir dan menggunakan set-piece untuk memamerkan perkembangan terbarunya.

Pada parade terakhir di bulan Januari - acara malam hari sebelum pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS - rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam meluncur melalui Lapangan Kim Il Sung di depan Kim Jong Un yang menyeringai. KCNA menggambarkan rudal sebagai "senjata paling kuat di dunia".

"Ada tanda-tanda Korea Utara telah menggelar parade pada hari Kamis," kata seorang pejabat kementerian pertahanan Korea Selatan kepada AFP.

Belum jelas sistem militer apa yang disertakan dalam parade, atau apakah Kim hadir. "Kami memantau situasi dengan cermat," tambah pejabat itu. "Rincian lebih lanjut memerlukan analisis lebih lanjut."

Situs web spesialis NK News mengutip sumber di Pyongyang yang mengatakan bahwa kembang api meledak di pusat kota sekitar tengah malam dan lagi pada pukul 1 pagi, dan jet terdengar terbang di atas, keduanya konsisten dengan parade yang sedang berlangsung.

Kamis adalah peringatan 73 tahun berdirinya Republik Rakyat Demokratik Korea, sebutan resmi bagi Korea Utara. Media pemerintah Korea Utara belum merilis gambar pawai pada pagi hari, atau mengkonfirmasi bahwa itu telah terjadi.

Tiga parade dalam waktu 12 bulan, parade Januari menandai kongres lima tahunan Partai Buruh yang berkuasa, dan diadakan setelah satu di bulan Oktober untuk peringatan 75 tahun organisasi tersebut sangat sering dilakukan di Korea Utara.

Korea Utara belum melakukan uji coba nuklir atau peluncuran rudal balistik antarbenua sejak 2017.

Sebaliknya, mereka ingin menggunakan parade untuk mengirim "pesan kepada komunitas internasional" tanpa risiko eskalasi, kata Hong Min, seorang peneliti senior di Institut Korea untuk Unifikasi Nasional di Seoul.

"Satu-satunya cara lain untuk memamerkan senjata strategis mereka adalah dengan meluncurkannya, yang berisiko memicu protes dan sanksi internasional lebih lanjut," katanya kepada AFP.

"Korut pasti merasa perlu untuk memberikan tekanan kepada AS untuk datang ke meja perundingan dengan syarat-syaratnya," tambahnya.

Pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat (AS) telah terhenti sejak runtuhnya KTT Hanoi antara Kim dan presiden saat itu Donald Trump mengenai keringanan sanksi dan apa yang Korea Utara akan rela berikan sebagai imbalannya.

Utusan Biden untuk Korea Utara Sung Kim telah berulang kali menyatakan kesediaannya untuk bertemu dengan rekan-rekannya dari Korea Utara di mana saja, kapan saja.

Pemerintahan Biden telah menjanjikan pendekatan praktis dan terkalibrasi, termasuk upaya diplomatik, untuk membujuk Korea Utara yang miskin agar menghentikan program senjata terlarangnya.

Namun Pyongyang tidak pernah menunjukkan indikasi akan bersedia menyerahkan persenjataan nuklirnya, dan telah menolak upaya Korea Selatan untuk menghidupkan kembali dialog.

Bulan lalu, badan atom PBB (IAEA) mengatakan, Pyongyang tampaknya telah memulai reaktor pemrosesan ulang yang memproduksi plutonium di Yongbyon, menyebutnya sebagai perkembangan yang sangat meresahkan, dan saudara perempuan Kim serta penasihat utama Kim Yo Jong menuntut penarikan pasukan AS dari semenanjung.

Pada saat yang sama, Korea Utara berada di bawah blokade virus corona yang dipaksakan sendiri, setelah menutup perbatasannya untuk melindungi dari virus corona yang pertama kali muncul di negara tetangga China, menambah tekanan pada ekonominya yang hampir mati.

"Di dalam negeri parade tersebut merupakan kesempatan untuk menopang moral dan solidaritas massa untuk rezim," tambah Hong Min.

"Berlangsung di tengah malam, itu memberi publik sesuatu untuk dinikmati dan ditonton dengan kembang api, pertunjukan udara, dan pertunjukan senjata canggih," lajutnya. 

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US