• Nasional

Tewaskan 10 Warga Sipil, Militer AS Minta Maaf Atas Serangan Drone di Kabul

Asrul | Sabtu, 18/09/2021 09:08 WIB
Tewaskan 10 Warga Sipil, Militer AS Minta Maaf Atas Serangan Drone di Kabul Sebuah kendaraan yang hancur terlihat di dalam sebuah rumah setelah serangan pesawat tak berawak AS di Kabul, 29 Agustus [Khwaja Tawfiq Sediqi/AP]

Washington, Beritakaltara.com - Militer Amerika Serikat (AS) meminta maaf atas serangan pesawat tak berawak di Kabul bulan lalu, yang menewaskan sebanyak 10 warga sipil, termasuk tujuh anak-anak. Militer menyebut serangan itu sebagai kesalahan tragis.

Pentagon mengatakan, serangan 29 Agustus menargetkan seorang pengebom bunuh diri ISIS yang menjadi ancaman bagi pasukan pimpinan AS di bandara saat mereka menyelesaikan tahap terakhir penarikan mereka dari Afghanistan.

Bahkan ketika laporan tentang korban sipil muncul, jenderal tertinggi AS itu menggambarkan serangan itu sebagai benar.

"Pada saat serangan itu, saya yakin bahwa serangan itu telah menghindari ancaman yang akan segera terjadi terhadap pasukan kami di bandara," kata kepala Komando Pusat AS, Jenderal Korps Marinir Frank McKenzie kepada wartawan, dikutip dari Reuters, Sabtu (18/9).

"Investigasi kami sekarang menyimpulkan bahwa serangan itu adalah kesalahan yang tragis," sambungnya.

Sekarang dia percaya bahwa tidak mungkin mereka yang tewas adalah anggota afiliasi Negara Islam setempat, ISIS-Khorasan, atau menjadi ancaman langsung bagi pasukan AS. Pentagon sedang mempertimbangkan reparasi, kata McKenzie.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan serangan pesawat tak berawak itu telah menewaskan seorang Ahmadi yang bekerja untuk sebuah organisasi nirlaba bernama Nutrition and Education International.

"Kami sekarang tahu bahwa tidak ada hubungan antara Ahmadi dan ISIS-Khorasan, bahwa aktivitasnya pada hari itu sama sekali tidak berbahaya dan sama sekali tidak terkait dengan ancaman yang kami yakini akan kami hadapi," kata Austin dalam pernyataannya.

"Kami meminta maaf, dan kami akan berusaha untuk belajar dari kesalahan mengerikan ini."

Meskipun jarang pejabat senior Pentagon, termasuk menteri pertahanan, untuk meminta maaf secara pribadi atas warga sipil yang tewas dalam serangan militer, militer AS mengeluarkan laporan tentang warga sipil yang tewas dalam operasi di seluruh dunia.

Laporan segera muncul bahwa serangan pesawat tak berawak telah menewaskan warga sipil termasuk anak-anak. Seorang juru bicara penguasa baru Taliban Afghanistan, Zabihullah Mujahid, mengatakan pada saat itu bahwa serangan itu telah menewaskan tujuh orang.

Serangan itu terjadi tiga hari setelah seorang pembom bunuh diri ISIS menewaskan 13 tentara AS dan sejumlah warga sipil Afghanistan yang telah berkerumun di luar bandara, putus asa untuk mengamankan kursi pada penerbangan evakuasi, setelah pasukan Afghanistan yang dilatih AS mencair dan Taliban merebut kekuasaan di ibukota.

Setelah pemboman bunuh diri di bandara, militer AS melancarkan serangan pesawat tak berawak di Afghanistan timur yang dikatakan menewaskan dua militan Negara Islam, dan Pentagon telah memperingatkan bahwa mereka memperkirakan lebih banyak serangan di bandara termasuk dari roket dan alat peledak yang dibawa kendaraan.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US