• Nasional

Ratusan Ribu Anak Migran Dilaporkan Hilang di Eropa

Asrul | Sabtu, 25/09/2021 07:45 WIB
Ratusan Ribu Anak Migran Dilaporkan Hilang di Eropa Sepasang sepatu anak terlihat setelah sebuah kapal yang membawa 19 migran gelap terbalik di lepas pantai Cesme di provinsi Aegean Izmir, Turki pada 12 Januari 2020 [Mahmut Serdar Alakuş/Anadolu Agency]

Jakarta, Beritakaltara.com - Anggota delegasi Turki ke Majelis Parlemen Dewan Eropa, Serap Yasar, melaporkan bahwa ratusan ribu anak-anak migran dan pengungsi hilang di Eropa, tanpa ada yang tahu apa yang terjadi pada mereka.

"Kami merilis laporan kami tentang Migran Hilang dan Anak-anak Pengungsi di Eropa di Dewan Eropa pada Januari 2020, yang disahkan dengan suara bulat oleh deputi 47 negara yang terdaftar di Dewan Eropa," kata Yasar dikutip Middlleeast, Sabtu (25/09).

"Menurut laporan itu, ratusan ribu anak hilang di Eropa. Tidak jelas apa yang terjadi pada mereka. Saya ingin menyoroti jumlahnya: ratusan ribu anak," tambahnya.

"Kadang-kadang angkanya tampak besar, tetapi saya tidak mengada-ada. Ini masuk ke laporan PBB. Ini ditentukan di Dewan Eropa dan akhirnya dalam laporan saya, dengan keputusan nomor 2.324. Setidaknya satu anggota parlemen dari 47 negara berpartisipasi dalam pemungutan suara ini dan mereka menyadari situasinya. Mereka mungkin membawanya ke parlemen mereka sendiri juga."

Menurut Yasar, migrasi telah menjadi topik hangat di seluruh dunia sejak 2011 dan situasi baru-baru ini di Afghanistan menunjukkan hal itu akan menjadi agenda di masa depan juga.

“Ini adalah migrasi yang disebabkan oleh perang, terorisme, dan gejolak internal. Kita juga tidak boleh meremehkan migrasi yang disebabkan oleh perubahan iklim,” katanya, seraya menambahkan bahwa migrasi tersebut harus mendapat perhatian lebih global untuk bergerak menuju solusi.

Yasar mengatakan mereka tidak hanya mengidentifikasi masalah, tetapi juga menawarkan solusi dalam laporan tersebut. Dia mengatakan pandemi COVID-19 dimulai setelah laporan mereka, dan agenda dunia bergeser ke masalah lain.

"Adalah tugas kita untuk melindungi anak-anak ini dalam hal apa pun. Ini adalah hak mereka untuk dilindungi. Mereka adalah anak-anak pertama, dan kemudian migran dan pengungsi. Untuk setiap anak yang hilang, semua orang yang tahu bertanggung jawab. Pertama-tama, negara memiliki kewajiban untuk melindungi mereka," katanya.

Organisasi Polisi Eropa (Europol) memiliki pemberitahuan kuning dan hitam untuk anak-anak yang hilang dan meninggal, kata Yasar, seraya menambahkan bahwa anak-anak migran tidak termasuk dalam kategori ini.

"Katakanlah sebagian besar dari anak-anak ini adalah yatim piatu - tanpa pendamping, tidak ada orang tua bersama mereka. Sistem hukum Eropa untuk anak yatim tidak berlaku untuk anak-anak ini. Anak-anak ini juga memiliki hak yang sama seperti warga negara Anda sendiri, hak untuk mendapatkan manfaat dari perlindungan ini," tuturnya.

Yasar berbagi bahwa anak-anak tanpa pendamping di Turki mendapat manfaat dari sistem yatim piatu negara.

"Turki telah memberikan contoh yang baik. Negara-negara yang melakukan ini memenuhi kewajiban. Ini harus mendapat tempat dalam hukum internasional. Pada akhir bulan ini, saya akan menghadiri sesi musim gugur Dewan Eropa lagi. Saya akan mengangkat masalahnya lagi. Ketika Anda mengangkat subjek, semua orang naik, tetapi ketika harus melakukan sesuatu, tidak ada langkah konkret yang diambil," tambahnya.

Yasar menyayangkan negara dan lembaga keamanan internasional belum membentuk jaringan apapun terkait pengungsi anak.
Menggarisbawahi bahwa Turki telah memberikan contoh yang bagus dalam manajemen migrasi

"Turki telah menjadi hati nurani dunia. Saya mengatakan ini dengan bangga. Kami memiliki sistem manajemen migrasi yang akan ditulis dalam sejarah kemanusiaan dan migrasi."

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US