• Nasional

YouTube Tegaskan Akan Blokir Semua Konten Antivaksin

Asrul | Kamis, 30/09/2021 08:42 WIB
YouTube Tegaskan Akan Blokir Semua Konten Antivaksin YouTube (Foto: Istimewa)

Washington, Beritakaltara.com - YouTube akan memblokir semua konten anti-vaksin, yang menyebut vaksin menyebabkan efek kesehatan kronis atau mengandung informasi yang salah tentang zat dalam vaksin.

Washington Post melaporkan pada Rabu (29/9), mengutip Wakil Presiden Kepercayaan dan Keamanan Global YouTube, Matt Halprin bahwa perusahaan video online milik Alphabet juga melarang aktivis anti-vaksin terkemuka, menghapus beberapa saluran. 

Di antara yang terkena aturan ini adalah Robert F Kennedy Jr dan Joseph Mercola, yang telah lama menjadi tokoh terkenal dalam gerakan anti-vaksin.

Langkah itu dilakukan ketika YouTube dan raksasa teknologi lainnya seperti Facebook dan Twitter telah dikritik karena tidak berbuat cukup untuk menghentikan penyebaran informasi kesehatan palsu di situs mereka.

Bahkan saat YouTube mengambil sikap yang lebih keras terhadap informasi yang salah, YouTube menghadapi reaksi keras di seluruh dunia. Pada hari Selasa, saluran berbahasa Jerman penyiar yang didukung negara Rusia RT dihapus dari YouTube, karena perusahaan mengatakan saluran tersebut telah melanggar kebijakan misinformasi COVID-19.

Rusia pada hari Rabu menyebut langkah itu agresi informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya," dan mengancam akan memblokir YouTube.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US