• Nasional

Karantina Pertanian Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Sadari Pentingnya Keamanan Pangan

Asrul | Senin, 11/10/2021 11:27 WIB
Karantina Pertanian Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Sadari Pentingnya Keamanan Pangan Kepala Badan Karantina Pertanian, Bambang. (Foto: Supianto/Jurnas.com)

JAKARTA, Beritakaltara.com - Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang, mengajak seluruh masyarakat dan pelaku usaha agar lebih menyadari betapa pentingnya keamaman pangan.

"Isu yang paling penting adalah perlunya dibangun kesadaran bagi seluruh bangsa dan seluruh warga bangsa Indonesia terhadap keamana pangan, sehingga apa yang menjadi tugas-tugas penting Barantan itu tidak mendapat sorotan yang seakan menghambat tugas dunia usaha," kata Bambang pada acara Coffee Morning Barantan, Jakarta, Senin (11/10).

Menurut Bambang, negara memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan pangan bagi waga masyarakatnya. Karena itu, semua produk pangan yang diimpor dan akan diekspor, sudah dijamin keamanannya untuk dikonsumsi.

"Sadar akan hal itu tentunya kita dengan segenap kekuatan harus mempersiapkan diri untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas supaya tidak satupun negara di dunia ini yang tidak mau menerima atau tidak jatuh cinta dengan produk Indonesia," kata Bambang.

Bambang mengatakan, Barantan selama ini tidak pernah mempersulit satu pun pelaku usaha seandainya mereka menyadari pentingnya karantina untuk masa depan pertanian yang lebih baik. "Jadi dengan demikian dituntut kesadarakan, yang pertama dari pihak masyarakat," kata Bambang.

Menurut Bambang, pertanian saat ini dikelolah oleh kelompok-kelompok mayarakat skala kecil, yang jumlahnya sekitar 70 persen dan selebihnya dikelola oleh dunia usaha.

"Mayarakat butuh pemahanam total bahawa masyarakat (importir) yang membutuhkan produk-produk petani kecil di pedesaan itu membutuhkan standar-standar khusus. Mereka tidak hanya mengevaluasi produk itu pada produk akhirnya," kata Bambang.

"Saran Burung Walet (SWB) misalanya bergitu gagahnya keluar dari pintu-pintu pengeluaran karantina kita tetapi mereka tahu sebelum itu dijemur dulu di pinggir jalan," kata Bambang mencontohkan.

Terkait hal ini, kata Bambang, Barantan telah memfasilitasi teman-teman teksnis baik di Hortikultura, Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Perkebunan untuk menyampaikan informasi penting terkait dengan permintaan pasar di berbagai dunia.

"Informasi dari negara tujuan karantinalah yang mendapatkan terlebih dahulu. Jadi menjadi tanggung jawab morol karantian menyampaikan ke dunia usaha, mitra-mitra, bupati, dan pemda untuk terus mengevalsuasi kinerja-kineja kita agar senada permintaan pasar di berbagai dunia," uarnya.

"Dengan begitu, harapan kita produk-produk yang dihasilkan masyarakat dan dihasilkan dunia usaha itu dari hari ke hari semakin dicintai berbagai negara dari seluruh penjuru dunia," ujar Bambang.

FOLLOW US