• Kalimantan Timur

Petugas Lapas Narkotika Samarinda Berhasil Gagalkan 2 kali Penyelundupan Sabu

Akhyar Zein | Senin, 14/11/2022 12:14 WIB
Petugas Lapas Narkotika Samarinda Berhasil Gagalkan 2 kali Penyelundupan Sabu Ilustrasi sabu. (Foto:Ist)

Kalimantan TimurPetugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak dua kali dalam satu hari dengan total berat kurang lebih 100 gram.

Sabu itu diselundupkan melalui titipan sepatu olahraga dan tupperware. Dua pelaku yang diamankan merupakan perempuan yakni berinisial NG (26), dan anak di bawah umur berusia 17 tahun.

Kalapas Narkotika Samarinda Hidayat membenarkan pihaknya menggagalkan penyelundupan narkoba ke dalam lapas.   

Narkotika seberat 100 gram itu ditemukan di waktu yang berbeda. Pertama, pada pukul 10.27 Wita. Penyelundupan melalui sepatu olahraga dari seorang pengunjung berinisal NG.

“Petugas pemeriksaan menggeledah barang titipan yang berisikan nasi bungkus dan sepatu olahraga, setelah diperiksa ditemukan di dalam sepatu olahraga sebanyak lima paket hitam yang berisi sembilan bungkus narkoba jenis sabu dengan berat kurang lebih bruto 53 gram,” katanya di Samarinda, Minggu (13/11).

Kemudian, petugas kembali menggagalkan penyelundupan kedua pada pukul 11.30 Wita yang diselundupkan melalui tupperware oleh anak perempuan di bawah umur berusia 17 tahun.

Petugas yang curiga dengan tupperware itu kemudian melakukan pemeriksaan dengan teliti hingga menemukan satu paket sabu sebanyak kurang lebih 46 gram bruto. Penemuan itu, kemudian dilaporkan ke Kadivpas dan Kakanwil Kemenkumham Kaltim lalu diteruskan ke polisi. 

Hidayat juga memberikan apresiasi kepada anggotanya yang telah berhasil menggagalkan penyeludupan narkoba tersebut.  

"Petugas telah melaksanakan tugas sesuai dengan SOP, sehingga mampu mencegah terjadinya upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas," ujarnya. dilansir iNews

“Tidak hanya sekali, tapi dua kali dalam satu hari. Ke depannya Lapas Narkotika Samarinda akan tetap berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kinerja petugas pemeriksa benda-benda untuk terus mewujudkan Lapas Narkotika Samarinda bersih dari narkoba (bersinar),” sambungnya.

Sementara, untuk kedua pelaku diserahkan petugas Lapas Samarinda ke polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US