• Nasional

Harry-Meghan Picu Komentar soal Bangsawan Pemberontak, Ini Alasannya!

Fadli | Senin, 12/12/2022 06:09 WIB
Harry-Meghan Picu Komentar soal Bangsawan Pemberontak, Ini Alasannya! Harry dan Meghan di Inggris Foto: bbc

JAKARTA - Serial dokumenter Netflix tentang Pangeran Harry dan istrinya Meghan mulai ditayangkan pada hari Kamis. Rilis itu diwarnai spekulasi bahwa mereka akan menyuarakan kritik baru terhadap keluarga kerajaan Inggris.

Harry, putra Raja Charles, dan Meghan mengundurkan diri dari peran kerajaan dua tahun lalu. Mereka dipuji oleh beberapa orang karena membela keyakinan mereka dan menempa jalur karier mereka sendiri. Tetapi mereka juga diejek oleh orang lain karena menggunakan status mereka untuk menghasilkan uang sambil mengecam keluarga kerajaan.

Berikut adalah garis waktu hubungan pasangan itu dengan para bangsawan, media, dan pengadilan.

2016
Juli: Harry, sekarang urutan kelima di tahta Inggris, dan Meghan, seorang aktris dari Los Angeles yang terkenal karena perannya dalam drama hukum TV "Suits", berkencan buta setelah diperkenalkan oleh seorang teman. Beberapa minggu kemudian, sang pangeran mengajak Meghan, yang ayahnya berkulit putih dan ibunya keturunan Afrika-Amerika, dalam liburan romantis ke Botswana.

November: Harry mengkritik media karena mengganggu kehidupan pribadi pacarnya, menuduh beberapa surat kabar melakukan pelecehan dan pelecehan, beberapa di antaranya dia gambarkan sebagai rasis.

2017
November: Ayah Harry, Pangeran Wales, mengonfirmasi bahwa pasangan itu bertunangan.

2018
Mei: Pasangan itu menikah di kapel abad pertengahan Kastil Windsor dan menjadi Duke dan Duchess of Sussex. Beberapa hari sebelum pernikahan, ayah Meghan, Thomas Markle, mengatakan dia tidak akan hadir.

Oktober: Harry dan Meghan mengumumkan sedang mengandung anak pertama mereka saat berada di Australia dalam tur luar negeri pertama mereka.

2019:
Maret: Istana Buckingham mengumumkan Harry dan Meghan akan mendirikan rumah tangga mereka sendiri, berhenti dari operasi yang mereka bagi dengan kakak laki-lakinya Pangeran William dan istrinya Kate. Ada laporan media tentang keretakan antara kedua pasangan.

Mei: Meghan melahirkan seorang anak laki-laki, Archie. Pasangan itu mengundang sekelompok kecil media untuk sesi pemotretan, memicu gerutuan dari pers yang semakin kritis terhadap pasangan itu.

Oktober: Meghan mengatakan dia menggugat surat kabar Mail on Sunday karena mencetak bagian dari surat yang dia tulis kepada ayahnya yang terasing setelah pernikahan. Harry mengumumkan dia menggugat surat kabar lain atas tuduhan peretasan telepon.

Dalam sebuah film dokumenter TV, Harry mengungkapkan keretakan dengan saudaranya William. Dia menuduh media melakukan intimidasi, membandingkannya dengan perlakuan mereka terhadap ibunya, Putri Diana, sebelum kematiannya dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997.

Meghan mengatakan hidup sulit sebagai ibu baru yang berurusan dengan pengawasan ketat.

2020
Januari: Pasangan itu mengumumkan niat mereka untuk mundur dari peran senior kerajaan dan menjadi mandiri secara finansial. Mereka setuju untuk melepaskan gelar "Yang Mulia" dan pada bulan Maret mereka pindah ke California.

September: Layanan streaming Netflix, yang membuat drama hit "The Crown" berdasarkan kehidupan mendiang Ratu Elizabeth, mengumumkan bahwa pasangan tersebut telah menandatangani kontrak beberapa tahun untuk memproduksi konten.

2021
Februari: Harry, yang bertugas di angkatan bersenjata selama satu dekade, memenangkan permintaan maaf dan ganti rugi dari Mail pada hari Minggu atas sebuah artikel yang mengklaim bahwa dia telah meninggalkan militer.

Seorang hakim Pengadilan Tinggi London memutuskan surat kabar yang sama melanggar privasi Meghan dengan menerbitkan kutipan suratnya.

Istana Buckingham mengatakan perpisahan pasangan itu sebagai anggota keluarga kerajaan yang bekerja bersifat permanen dan mereka akan kehilangan perlindungan kerajaan mereka.

Maret: Istana Buckingham mengatakan "sangat prihatin" tentang laporan di surat kabar Times yang merinci tuduhan intimidasi yang dibuat oleh mantan staf Harry dan Meghan dan akan meluncurkan penyelidikan.

Pasangan itu memberikan wawancara kepada pembawa acara obrolan AS Oprah Winfrey di mana Meghan menuduh salah satu anggota kerajaan meningkatkan kekhawatiran tentang seberapa gelap kulit putra mereka Archie, dan mengatakan dia didorong ke ambang bunuh diri.

Harry berkata dia telah dikecewakan oleh ayahnya, dan bahwa dia telah "terjebak" di institusi tersebut.

Ratu Elizabeth menanggapi dengan berjanji untuk mengatasi masalah rasisme sambil mengatakan "beberapa ingatan mungkin berbeda". William berkata: "Kami bukanlah keluarga yang rasis."

April: Harry kembali ke Inggris untuk menghadiri pemakaman kakeknya Pangeran Philip, suami Elizabeth. Meghan yang hamil disarankan untuk tidak bepergian.

Mei: Harry memberi tahu Winfrey dalam wawancara lain bagaimana dia beralih ke minuman dan obat-obatan untuk menghilangkan kesedihan yang dia rasakan atas kematian ibunya, yang terbunuh ketika mobilnya jatuh saat melarikan diri dari fotografer pers. Dia mengatakan ketakutan yang sama akan terjadi pada Meghan adalah salah satu alasan utama mereka berhenti dari tugas kerajaan.

Juni: Meghan melahirkan anak kedua mereka, Lilibet Diana, dinamai Ratu Elizabeth dan mendiang ibu Harry.

2022
Januari: Harry memulai tindakan hukum untuk menentang keputusan pemerintah yang melarangnya mendapat perlindungan polisi saat berada di Inggris. Dia kemudian memulai klaim pencemaran nama baik terhadap Mail pada hari Minggu atas sebuah artikel yang mengatakan dia telah mencoba merahasiakan tindakan hukum tersebut.

Juni: Istana Buckingham mengatakan pelajaran telah dipetik setelah meninjau tuduhan intimidasi yang dibuat oleh staf kerajaan terhadap Meghan, tetapi menolak untuk memberikan rincian.

Harry dan Meghan kembali ke Inggris untuk merayakan 70 tahun Elizabeth bertahta. Mereka disambut dengan sorakan dan beberapa ejekan.

September: Harry dan Meghan berada di Inggris ketika Ratu Elizabeth meninggal. Mereka bergabung dengan William dan Kate untuk berjalan-jalan menemui para pelayat.

Oktober: Harry bergabung dengan penyanyi Elton John dan lainnya dalam menggugat penerbit surat kabar Daily Mail, menuduh penyadapan telepon dan pelanggaran privasi lainnya.

Penerbit Random House mengumumkan bahwa memoar Harry "Spare" akan diterbitkan pada bulan Januari.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US