• Kalimantan Utara

Kaltara Diminta Ambil Peluang dalam Menyambut IKN Nusantara

Fadli | Rabu, 25/01/2023 11:09 WIB
Kaltara Diminta Ambil Peluang dalam Menyambut IKN Nusantara DALAM PEMBANGUNAN: Pembangunan KIHI di Kaltara menjadi bagian yang bisa diandalkan sebagai daerah penyangga IKN di Kaltim nantinya. RADAR KALTARA

Kalimantan UtaraPembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi atensi bagi daerah-daerah di sekitarnya, tak terkecuali Kalimantan Utara (Kaltara). Peluang untuk ambil bagian di IKN perlu dipersiapkan.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi VI, Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan, dalam hal menyambut kehadiran IKN, menurutnya bukan peran apa yang bisa diambil Kaltara yang menjadi penting.

“Tapi Kaltara mau, dijadikan seperti apa oleh pemerintah,” ujar Deddy kepada Radar Kaltara saat, ditemui di Tanjung Selor, Senin (23/1) malam melansir beritakaltara.

Namun demikian, Deddy mengatakan bahwa dengan dihadirkannya beberapa mega proyek di Kaltara, seperti Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI), itu sudah merupakan bentuk kehadiran pemerintah untuk membangun Kaltara.

 “Karena apa? Karena kalau IKN itu jadi, maka mau tidak mau maka Kaltara akan menjadi daerah penyanggah,” katanya. 

Menurutnya, tentu itu akan sangat strategis, baik dari sisi pertahanan, ekonomi, maupun sosial. Karena semua itu akan menjadi sangat penting bagi negara ini. Tentunya tergantung pemerintah daerah seperti apa melihat peluang lebih jauh ke depan.

“Artinya, bagaimana caranya Kaltara mengambil posisinya ketika IKN itu nanti jadi. Kalau hanya menunggu terus, saya kira tidak akan ada manfaat yang maksimal yang bisa kita petik di daerah nantinya,” tutur Deddy.

Terpopuler

Selengkapnya >>

FOLLOW US